Blog

VegaDan : 7 Menu Vegan Indonesia yang Murah Meriah

April 27, 2021
/
Food , Veganism
VegaDan : 7 Menu Vegan Indonesia yang Murah Meriah image

Mumpung lagi bulan ramadhan, ingin banget nih untuk tetap komitmen dalam veganisme tapi juga nggak boros pengeluaran. Menu makanan vegan seringnya tidak terjangkau di berbagai daerah, nggak enak, dan harganya mahal-mahal!

Tapi tahu gak sih sebagai orang Indonesia, kita beruntung banget lho karena hidangan khas tanah air ternyata banyak yang ‘gak sengaja’ vegan. Gak percaya? Ini dia 7 menu vegan Indonesia yang bisa jadi andalan untuk berbuka di saat bulan ramadhan.

Sayur Lodeh
Dalam sayur lodeh terdapat aneka macam sayuran, mulai dari labu, kacang panjang, kluwih, terong, daun melinjo, hingga sumber protein serta serat seperti tempe dan kacang-kacangan. Sayuran yang terdapat dalam hidangan ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu kita memenuhi gizi harian. Kamu khawatir gak sehat karena mengandung santan? Santan sebenarnya sehat kok selama tidak melalui proses memasak yang terlalu lama agar tidak berubah menjadi lemak jenuh.

Urap
Selain gado-gado, urap adalah hidangan sayuran khas Indonesia yang cita rasanya lezat bukan main! Urap sering kita temui dalam nasi kotak/berkat sebagai teman lauk-pauk. Hidangan ini terdiri dari parutan kelapa yang disangrai, sayuran seperti kacang panjang, kangkung, kecipir, dan tauge. Beberapa resep urap menggunakan terasi, kamu bisa menggantinya dengan terasi vegan atau tidak perlu dipakai.

Gudeg

Gudeg

Sumber : www.instagram.com/echisofwan


Hidangan Yogyakarta yang super duper bergizi ini selalu dijadikan menu sehari-hari bagi orang Jogja. Pantas saja orang Jogja panjang-panjang umurnya dan masih kuat fisiknya walau sudah lanjut usia. Selain lezat, gudeg kaya akan protein, zat besi, kalsium, dan fosfor. Menu vegan Indonesia satu ini memang sering kali disajikan dengan daging hewani, tapi kamu bisa makan lauk plant basednya aja, lho!

 

Sayur Asem
Siapa sih yang gak tahu sayur asem? Gurih, manis, asam, ketiga rasa ini tercampur dengan harmonis dalam semangkuk sayur asem yang panas. Rasa masam pada sayur asem didapat dari rendaman asam Jawa atau yang juga dikenal sebagai tamarind. Asam Jawa kaya akan fosfor, kalium, dan vitamin C, lho! Asam Jawa juga dapat bekerja sebagai pencahar alami yang dapat melancarkan pencernaan dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tempe dan Tahu Bacem
Tempe dan tahu, dua bahan makanan yang selalu jadi primadona di kalangan vegan. Ternyata olahan tempe dan tahu gak berhenti sampai digoreng biasa saja. Kamu bisa membumbuinya dengan bumbu bacem terlebih dahulu agar rasanya semakin mantap. Menu vegan Indonesia satu ini juga terdapat dalam gudeg, lho.

Semur Jengkol

Semur Jengkol

Sumber : www.instagram.com/susie.agung


Kamu belum jadi vegan Indonesia kalau belum makan semur jengkol! Walau aromanya gak terlalu menyenangkan, tapi jengkol adalah salah satu bahan makanan paling bergizi! Protein pada jengkol ternyata jauh lebih tinggi dari tempe, lho. Di setiap 100 gramnya, terdapat 23,3 gram protein. Selain tinggi kandungan fosfor dan kalsium, jengkol juga kaya akan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Pssst, tapi jangan terlalu banyak makan jengkol, ya! Walau bergizi, jika dimakan berlebihan, jengkol dapat menyebabkan penyakit kejengkolan.

Bubur Manado

Bubur Manado

Sumber : www.instagram.com/sitti_surianti


Kalau biasanya kita lebih sering menemui bubur ayam, kali ini kenalan yuk dengan bubur khas kota Manado. Keunikan bubur Manado terdapat pada aneka topping yang dimasak bersama si berasnya. Ada labu kuning, jagung manis, kangkung, bayam, dan ditambahkan rempah-rempah seperti daun jeruk, kunyit, serta sereh. Aromanya yang menggugah selera jadi semakin menggiurkan karena bubur Manado kaya akan serat.

7 menu vegan Indonesia di atas bisa jadi alternatif bagi kamu yang mau makan hidangan vegan murah meriah. Enak banget, ya ternyata tinggal di Indonesia dengan kekayaan kulinernya. Jadi vegan tidak sesulit itu!

Sumber thumbnail : Vegan Liftz from Pexels

PLANTFUL