Blog

VegaDan : Agar Sahur Cukup, Makan 4 Buah Paling Bergizi Ini, Yuk!

April 23, 2021
/
Food , Health
VegaDan : Agar Sahur Cukup, Makan 4 Buah Paling Bergizi Ini, Yuk! image

Berbuka puasa tentu jadi waktu paling dinanti-nanti bagi kita yang berpuasa. Menyantap hidangan yang mengenyangkan serta menyeruput segelas air segar sudah terbayang-bayang menuju waktu bedug. Tapi tahu gak sih kalau sahur juga wajib diperhatikan! Apa yang dimakan saat sahur, menjadi penentu energi tubuh sejak subuh hingga terbenam matahari.

Perlunya mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks saat sahur dikarenakan metabolisme tubuh yang melambat saat puasa, dan karbohidrat kompleks akan memudahkan pencernaan untuk melakukan kinerjanya. Selain karbohidrat kompleks, kita juga harus mengonsumsi cukup air, sayuran, dan tentu saja buah-buahan.

Baca juga : 4 Makanan Plant Based Untuk Menyehatkan Penglihatan Mata

Buah-buahan mengandung aneka vitamin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan memenuhi gizi seimbang. Tanpa buah, tubuh bisa lebih cepat loyo akibat kekurangan vitamin tertentu yang tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Apalagi saat sedang berpuasa. Jadi, yuk makan 4 buah paling bergizi ini saat sahur!

Semangka

Semangka

Sumber : Photo by Rodion Kutsaiev from Pexels


Buah yang satu ini terkenal akan kalorinya yang rendah dan mengandung banyak air, sehingga sangat menyegarkan untuk dimakan di waktu sahur. Semangka juga kaya akan likopen (senyawa yang dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang, mencegah inflamasi, dan memelihara kesehatan fungsi paru) serta vitamin A dan D. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dibuat jus. Pssst jangan pakai terlalu banyak gula, ya!

Baca juga : Jaga Berat Badan dengan 4 Menu Buka Puasa yang Rendah Kalori

Nanas
Buah berwarna kuning yang satu ini selain enak dijadikan selai untuk nastar, juga sangat disarankan dikonsumsi ketika sahur. Nanas merupakan sumber zat mangan serta zat tembaga yang sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan tubuh. Nanas juga mengandung serat tinggi, serta vitamin C, B1, dan B6.

Timun

Timun

Sumber : Photo by Lo from Pexels


Lho, bukannya timun itu sayur? Walau sering diasosiasikan sebagai sayur, timun itu ternyata buah, karena bijinya ada di dalam daging buah. Kamu gak biasa makan timun seperti buah? Rugi banget!!! Sama seperti semangka, timun mengandung banyak air sehingga dapat memberikan ekstra hidrasi untuk tubuh dan kulit. Udah gitu, timun mengandung vitamin K yang tinggi, lho. Manfaat timun pun banyak banget, mulai dari dapat mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit, dan tentunya menguatkan tulang karena tingginya kandungan vitamin K.

Pisang
Pisang yang selalu menjadi andalan sumber potassium tentu masuk ke dalam daftar 4 buah paling bergizi untuk dimakan saat sahur. Buah berkulit kuning ini merupakan karbohidrat yang dapat mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang cukup lama. Pisang juga dapat meningkatkan metabolisme. Potassium dalam pisang juga dapat membantu tubuh untuk memelihara kesehatan jantung dan tekanan darah.

Selama salah satu buah di atas sedang musim selama bulan ramadhan ini, yuk distok untuk kamu konsumsi saat sahur. Selalu jaga kesehatan, ya!

Sumber thumbnail : Ryutaro Tsukata from Pexels

PLANTFUL