Blog

VegAdan : Strategi Bugar Berpuasa untuk Vegan

April 15, 2021
/
Diet , Veganism
VegAdan : Strategi Bugar Berpuasa untuk Vegan image

Ramadhan 1442 H telah tiba! Bulan yang selalu dinantikan oleh umat Islam untuk berserah kepada Yang Maha Esa. Di bulan ini juga, puasa menjadi ibadah utama yang wajib dijalani oleh mereka yang sudah mencapai usia dan mampu secara fisik serta mental. Dari subuh hingga terbenam matahari, umat Islam diperintahkan untuk tidak makan dan minum, serta menahan nafsu lainnya.

Bagi yang sudah terbiasa pun, menahan diri untuk tidak makan dan minum bukanlah perkara mudah. Kita harus memiliki strategi bagaimana konsumsi saat sahur agar tetap sehat sepanjang hari. Berhati-hati dalam melahap makanan saat buka puasa pun ternyata juga sulit, lho!

Tantangan yang tak kalah terjalnya juga dialami oleh para vegan yang berpuasa. Pilihan makanan bergizi yang sering kali terbatas membuat vegan harus pandai-pandai mengatur pola makan di bulan puasa ini agar tetap fit.

Baca juga : 3 Cara Jadi Vegan Sehat

Lalu gimana sih sebaiknya strategi makan bagi vegan agar tetap sehat dan bugar di saat puasa? Mungkin kan tetap berpuasa walaupun sedang menjalani pola makan vegan?

Berbuka dengan makanan secukupnya
Pada waktu berbuka, pencernaan tidak boleh dikejutkan dengan masuknya makanan yang berlebihan. Terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam pencernaan, tekanan pada perut akan sangat tinggi hingga dapat menyebabkan gastric acid. Saat puasa, enzim pada pencernaan akan sangat sedikit sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencerna sisa makanan. Inti dari berpuasa adalah menahan nafsu dengan tidak berlebih-lebihan, salah satunya adalah apa yang kita makan saat berbuka.

Whole foods adalah kunci
Dari pada mengonsumsi terlalu banyak gorengan atau makanan manis, utamakan memperbanyak whole foods terutama saat berbuka puasa. Whole foods seperti sayuran, buah, kacang, biji-bijian, dan karbohidrat kompleks akan lebih cepat dicerna dalam perut sehingga tidak menyebabkan bloating dan heartburn. Saat sahur, whole foods juga berperan untuk membakar energi sehingga tubuh tidak cepat lelah dan otak dapat bekerja lebih baik walau sedang berpuasa.

Baca juga : Konsumsi 4 Makanan Vegan Ini Agar Kulit Makin Glowing


Masih bingung apa yang harus dimakan untuk berbuka? Plantful juga menyediakan menu makan untuk berbuka, lho! Kami pastikan hidangan yang kamu dapat berbasis nabati dan tentunya dimasak dengan cara yang sehat! Pesan katering plant based ramadhan mu di sini, yuk!


Hidrasi
Tubuh lebih cepat kehilangan cairan saat berpuasa, namun hal ini bisa dicegah kalau tubuh mendapat cairan dengan jumlah yang tepat. Minum air putih tidak perlu terlampau banyak, kamu hanya cukup memberi jadwal minum sesuai dengan kebutuhan harian. Minum air putih saat sahur, berbuka, makan malam, dan sebelum tidur. Perhatikan berapa gelas air yang kamu butuhkan, tidak berlebihan tapi juga jangan sampai kekurangan.

Hindari olahraga berlebih
Agar tubuh tidak cepat kehilangan cairan, sebaiknya di bulan puasa ini kamu kurangi olahraga yang membutuhkan banyak gerakan. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari saja atau bermeditasi sudah sangat cukup untuk menjaga kesehatan tubuh kala ramadhan.

Konsumsi vitamin
Vegan membutuhkan beberapa vitamin yang tidak bisa diproduksi tubuh seperti vitamin B12, Vitamin D, Iron, dan lainnya. Guna memenuhi asupan vitamin harian di atas, vegan harus mengonsumsi suplemen tambahan. Jangan lewati tahap ini, ya!

Baca juga : 3 Suplemen yang Sangat Dibutuhkan Vegan

Fokus pada hal-hal positif
Berpuasa dengan pola makan vegan akan lebih mudah dijalani jika kita memusatkan perhatian pada hal-hal yang positif. Menjadi vegan sudah merupakan latihan bagi tubuh untuk hal-hal lain seperti berpuasa. Percayalah pada kebaikan yang kamu tebarkan melalui veganisme.

Sumber thumbnail :  Naim Benjelloun from Pexels

PLANTFUL