Blog

5 Cara Gunakan Ampas Kopi Agar Tak Jadi Sampah

June 25, 2021
/
Life Style , sustainable
5 Cara Gunakan Ampas Kopi Agar Tak Jadi Sampah image

Siapa di sini yang suka bikin kopi sendiri di rumah? Pasti tahu kan kalau membuat kopi, ada ampas yang sayangya sering kali berakhir di tempat sampah. Padahal, ampas kopi memiliki banyak kegunaan setelah diolah lagi. Mengolah ampas kopi agar tidak jadi sampah bukanlah proses yang sulit, kok! Hmm, apa saja sih memang kegunaan ampas kopi dalam kehidupan sehari-hari?

Baca dulu yuk 5 cara gunakan ampas kopi agar tak jadi sampah!

Jadikan Campuran Kompos
Kompos adalah harta karun bagi para pecinta bercocok tanam. Fungsinya yang tak main-main bagi tanah dan tanaman seperti menyuburkan dan memberi nutrisi, membuat siapapun rela deh bikin kompos sendiri. Apalagi membuat kompos di rumah itu gampang banget. Sudah punya komposter? Saatnya tambahin ampas kopi di komposmu! Ampas kopi memiliki 1.45% nitrogen, serta magnesium, kalsium, dan potassium yang akan memperkaya hasil akhir kompos. Semakin banyak mineral, semakin bagus untuk tanaman.

Tebar Di Pot

Compost

Sumber : Eva Elijas from Pexels


Nggak punya komposter? Kamu bisa langsung menebarkan ampas kopi di pot tanaman. Pastikan ampas kopi dikeringkan terlebih dahulu, dan gunakan sedikit-sedikit apoasnya di setiap pot. Karena kalau tidak melalui proses penguraian, tumpukan ampas kopi di tanah bisa menghalau air untuk masuk.

Anti Serangga
Di rumah sedang banyak semut tapi gak tega melukainya? Atau sedang terjadi serangan bekicot di kebunmu saat musim hujan? Tebar ampas kopi di sekitar jalur yang dilewati, dijamin hama langsung kabur! Semut terutama tidak menyukai bau-bauan yang begitu menyengat. Tapi kalau sudah beres, jangan lupa bersihkan ampasnya, ya! Biar gak datang lalat.

Percantik Kulit dengan Scrub Kopi
Selama kulit tidak alergi dengan kopi, kamu bisa mengubah ampas kopi jadi scrub tubuh agar semakin glowing. Cukup campur 3 sendok makan ampas kopi, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 1 sendok makan brown sugar, simpan dalam toples kedap udara. Tadaaaa, jadi deh exfoliator irit kantong yang bisa tahan berbulan-bulan.

Soap and Scrub

Sumber : Monstera from Pexels

Buat sabun
Kalau yang satu ini, kamu perlu keahlian di bidang pembuatan sabun alami. Kamu bisa ikut kelas membuat sabun atau mencari resepnya di Google/Youtube dan manfaatkan ampas kopi yang sudah kamu kumpulkan!

Baca juga : Bagaimana Mikroplastik Masuk ke Dalam Tubuh Melalui Makanan?

Gak susah kan untuk mengolah sampah rumah tangga? Dimulai dari mengolah ampas kopi, hingga nanti betul-betul mengolah berbagai limbah agar tidak sampai ke tempat pembuangan akhir.

Sumber thumbnail : cottonbro from Pexels

PLANTFUL