Blog

Martabak Camilan Nikmat Penuh Bahaya

June 22, 2021
/
Food , Health
Martabak Camilan Nikmat Penuh Bahaya image

Siapa sih yang tidak tahu martabak? Camilan yang kerap dikonsumsi saat malam hari ini selalu jadi teman baik bagi hampir seluruh orang di Indonesia. Martabak biasa hingga kekinian, baik asin maupun manis, dan gampang ditemukan di manapun membuat kepopuleran martabak tak pernah redup.

Rasanya tentu saja enak! Siapa yang bisa menolak martabak dengan isian kacang, cokelat, keju yang melimpah? Atau martabak asin yang dinikmati dengan kuah cuka gurih. Memikirkannya saja bikin perut keroncongan, kan?

Kenikmatan martabak tidak terelakkan, deh. Tapi kamu juga pasti tahu kalau kalori dalam martabak tuh tinggi banget! Menurut informasi nilai gizi yang dikeluarkan oleh laman www.nilaigizi.com, sepotong martabak manis (100gram) mengandung kalori sebesar 270 kkal, dengan lemak total 11,31 g, dan karbo sebesar 37.37 g. Ini saja masih martabak manis yang standar, belum martabak manis dengan ekstra topping yang tentu saja kalorinya akan lebih banyak.

Untuk martabak telur sendiri, kalori yang terkandung dalam sepotongnya adalah 203 kkal, lemak 8.45 g, dan karbo sebesar 20.38 g.

Martabak bukan camilan yang ramah vegan karena seluruh bahannya dari mentega, telur, keju, hingga susu tidak ada yang berbasis nabati. Kebayangkan dari mana datangnya kalori sebanyak itu dalam martabak?

Jika terlalu banyak mengonsumsi martabak apalagi di malam hari, lemak berlebih pada martabak bisa menyumbat aliran darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung sewaktu-waktu. Belum lagi kadar gula dalam darah yang bisa melesat naik hingga akhirnya mengganggu keseimbangan tubuh dan menimbulkan penyakit.

Walau kini ada banyak yang menjual martabak vegan bebas gluten dan kolesterol, tetap saja martabak hanya boleh dikonsumsi sesekali, ya! Ganti camilan dengan coklat batang murni atau buah-buahan yang bisa menahan kecanduan gula. Perbanyak konsumsi makanan yang whole hingga perut kenyang lebih lama dan kamu gak membutuhkan camilan dengan pemanis buatan lagi!

PLANTFUL