Blog

Terangnya Masa Depan Plant Based Food di Indonesia

June 21, 2021
/
Diet , Life Style , Veganism
Terangnya Masa Depan Plant Based Food di Indonesia image

Pandemi yang mulai terjadi pada 2020 lalu bukanlah awal mula ditemukannya pola makan berbasis nabati. Namun pada tahun yang kelam itu, penjualan bahan pangan berbasis nabati mengalami kenaikan drastis di seluruh dunia. Semua orang berbondong-bondong untuk beralih ke pola hidup yang lebih sehat di tengah pusaran Covid-19. Siapapun harus berusaha memperbaiki tata cara hidup demi imun yang kuat hingga dapat terhindar dari sang virus. Kebersihan menjadi nomor satu, dan pola makan yang terlalu banyak mengandung hewani perlahan ditinggalkan.

plant based

Sumber : www.plantbasedfoods.org

Di hampir seluruh negara bagian Amerika Serikat, penjualan plant based food bahkan melewati lebih dari 7 milyar USD atau kurang lebih mencapai 27% pada 2020. Di tahun yang sama, tercatat bahwa ada 71 juta rumah tangga yang telah membeli bahan makanan berbasis nabati. Kenaikannya 9 kali lebih cepat dari dua tahun sebelumnya.

Inggris adalah salah satu negara dengan perkembangan plant based eaters yang pesat selain Amerika Serikat. Pada tahun 2019, sebanyak 600.000 orang di UK mendedikasikan dirinya pada veganisme. Angka yang terus bertambah tiap tahunnya tak lagi hanya sekadar trend. Merk-merk bahan makanan raksasa pun mulai berlomba-lomba menjual pakan vegan. Mulai dari Heinz, Kit Kat, hingga resto cepat saji kini menawarkan variasi berbasis nabati.

Di Indonesia sendiri, plant based food bukan suatu hal yang baru. Namun popularitasnya memang mulai meningkat sejak tahun 2018. Hingga kini, plant based eater di Indonesia bisa mulai leluasa memilih tempat makan selain di restoran khusus. Burger King dan Abuba Steak misalnya, kini keduanya menawarkan menu plant based di seluruh cabangnya di Indonesia. Supermarket di beberapa kota besar pun mulai menjual aneka bahan pakan vegan sebagai substitusi makanan berbasis hewani. Seperti keju, susu, daging tumbuhan, dan lainnya.

Baca juga : Plant Based Whopper Burger King Indonesia Raih Popularitas

Untuk konsumsi sayuran, masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dengan aneka hidangan sayur yang kerap menjadi menu harian kita. Urap, gado-gado, ketoprak, sop bening, hingga gudeg, hidangan-hidangan khas Indonesia ini lebih banyak menggunakan bahan dari tumbuh-tumbuhan. Belum lagi tempe dan tahu sebagai sumber protein terbesar para vegan yang sangat mudah didapatkan di Indonesia.

Baca juga : 4 Alasan Jadi Vegan di Jakarta Itu Gampang Banget!

Dengan sejarah kuliner Indonesia yang erat akan masakan berbasis nabati, masa depan plant based food di Indonesia tidak akan merosot. Semakin banyak yang sadar akan pentingnya mengonsumsi plant based food, maka perjalanan plant based baru saja dimulai.

Ayo mulai petualangan plant based food mu di Jakarta bersama Plantful. Klik di sini untuk melakukan pemesanan, ya!

Sumber thumbnail : Daria Shevtsova from Pexels

PLANTFUL