Blog

4 Makanan Khusus yang Dapat Memperkuat Otak

July 19, 2021
/
Diet , Food , Health
4 Makanan Khusus yang Dapat Memperkuat Otak image

Menjaga kesehatan otak harus menjadi prioritas terutama bagi kita yang masih berusia muda. Sampai artikel ini diunggah, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan otak masih sedikit diketahui baik penyebab maupun cara menyembuhkannya. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah, menjaga kesehatan otak semaksimal mungkin dengan menjaga gaya hidup.

Makan makanan yang sehat selalu berada di peringkat pertama dalam daftar. Dengan makanan yang tepat, tubuh akan mendapatkan berbagai manfaat darinya hingga dapat bekerja lebih baik. Sayur, buah, kacang-kacangan, dan berbagai makanan utuh lainnya memang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh. Namun ada 4 makanan khusus yang dapat memperkuat otak.

Sayuran Berdaun Hijau
Seperti dilansir dari laman Health Harvard, sayur-sayuran berdaun hijau terutama yang lebih gelap warnanya seperti brokoli, bayam, kale, dll dapat memperlambat resiko penurunan kognitif. Sayur-sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi yang dapat memperkuat otak, seperti vitamin K, lutein, beta karoten, dan folat.

Alpukat
Walau alpukat mengandung lemak, namun lemak yang terdapat di dalamnya merupakan lemak tak jenuh tunggal, yang artinya mengonsumsi alpukat sangat baik untuk kelancaran aliran darah. Jika aliran darah dalam tubuh lancar tak tersumbat lemak-lemak jahat, maka otomatis alirannya menuju otak pun lancar dan kesehatan otak terjamin.

Teh
Studi dari National University of Singapore (NUS) menunjukkan bahwa orang yang meminum teh secara rutin memiliki struktur otak yang terorganisir dari pada mereka yang bukan peminum teh. Hal ini membuat fungsi kognitif peminum teh jauh lebih baik.


Dark Chocolate
Dark chocolate kaya akan flavonoid, yang merupakan kumpulan senyawa bioaktif yang sama dengan antioksidan. Flavonoid pada coklat terhubung erat dengan peningkatan kemampuan belajar dan mengingat. Studi menjelaskan bahwa orang yang rajin mengonsumsi coklat, memiliki kemampuan kognitif lebih baik seperti mengingat, mengorganisir, dan bernalar.

Walau 4 makanan khusus yang dapat memperkuat otak di atas kini masuk ke dalam daftar makanan wajib, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi whole foods lain seperti umbi, kacang, buah, dan lainnya. Karena keseimbangan nutrisi untuk tubuh harus tetap dijaga.

Sumber tambahan : https://www.medicalnewstoday.com/articles/327046#Studying-diets-and-cognitive-health

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26873453/

Sumber thumbnail : Daria Shevtsova from Pexels

PLANTFUL