Blog

4 Pengganti Krim Untuk Vegan

July 31, 2021
/
Food , Veganism
4 Pengganti Krim Untuk Vegan image

Bagi yang gemar bikin kue dan hidangan penutup, heavy cream atau krim kental sering kali jadi bahan wajib. Krim kental terbuat dari bagian paling berlemak dan kental dari susu sapi segar. Krim mengandung setidaknya 36-40% lemak, dan menjadikannya produk dairy paling berlemak di antara yang lainnya.

Krim kental gak hanya digunakan dalam makanan-makanan manis, beberapa resep seperti sup, pasta, aneka minuman dan saus harus menggunakan krim guna memberikan tekstur kental nan lembut. Tapi kalau bagi vegan, masa harus menggunakan krim kental yang terbuat dari susu sapi juga?

Baca juga : Bikin Kue Vegan dengan 5 Bahan Pengganti Telur

Tenang, ternyata krim kental dari susu sapi juga bisa diganti dengan krim berbasis nabati. Ini dia 4 pengganti krim untuk vegan agar kamu tetap bisa menikmati hidangan-hidangan berbahan krim kesukaanmu!

Santan Kental
Tekstur santan kental hampir mendekati krim kental biasa dan kamu bisa menggunakannya sebagai bagian dari bahan kue. Rasa kelapa memang sangat kuat, namun jika disandingkan dengan bahan-bahan yang tepat, hidangan penutup veganmu akan terasa lezat, lho! Kamu bisa membuat vegan panna cotta, kue coklat, bahkan jadi frosting untuk kue ulang tahun.

Krim Kacang Mede
Kacang mede sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan keju krim vegan. Kamu hanya cukup merendam kacang mede semalaman, lalu haluskan dengan blender bersama air putih dan sejumput garam. Cocok banget sebagai bahan utama cheesecake vegan. Bisa juga dijadikan bahan pengental sup krim.

Non Dairy Whipping Cream
Sekarang sudah banyak yang menjual whipping cream untuk vegan. Walau bukan krim kental, tapi bisa juga kok digunakan untuk resep-resep yang memerlukan krim. Non dairy whipping cream terbuat dari lemak nabati, biasanya berasal dari kelapa sawit. Kalau pergi ke toko bahan kue, pastikan whipping cream yang akan dibeli terdapat label non dairy, ya!

Tahu Sutra + Susu Vegan
Walau terdengar gak biasa, kombinasi tahu sutra dengan susu vegan yang diblender bisa menghasilkan krim yang bisa dikocok, lho! Cocok banget untuk resep frosting kalau kamu gak terlalu suka dengan kelapa. Kamu hanya perlu mencampurkan tahu sutra yang sudah dikeringkan lalu diblender dengan susu vegan kesukaan, gula/sirup maple, sedikit garam, dan ekstrak vanilla. Gampang banget, kan?

Kalau kamu sering menemui hidangan penutup vegan yang versi non vegannya harus menggunakan krim, awalnya pasti gak akan percaya kalau krim dari susu sapi bisa digantikan dengan bahan berbasis nabati. Setelah baca artikel dari Plantful ini, jadi percaya, dong?

Sumber thumbnail : Polina Tankilevitch from Pexels

PLANTFUL