Blog

5 Jenis Teh yang Paling Sehat untuk Tubuh

July 29, 2021
/
Health
5 Jenis Teh yang Paling Sehat untuk Tubuh image

Jika diminum dalam batas normal tanpa berlebihan, kopi memang menjadi teman terbaik untuk memulai hari. Namun tak sedikit yang ternyata tidak kuat meminum kopi karena kandungan asam yang dapat membuat lambung perih. Karena itu, teh menjadi pengganti kopi yang jauh lebih aman bahkan baik untuk kesehatan.

Teh adalah minuman yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, lalu diseduh, dan disaring. Budaya minum teh bahkan sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan menjadi minuman herbal kaya antioksidan turun temurun.

Hampir seluruh negara di dunia memiliki budaya minum teh dengan teh andalannya masing-masing. Tapi tahu gak kalau ada 5 jenis teh yang paling sehat untuk tubuh? 5 jenis teh ini tidak hanya lebih kaya manfaat, tapi juga mudah ditemui, kok!

Teh Hijau
Sesuai dengan namanya, teh yang satu ini jika diseduh akan merubah air menjadi warna hijau terang. Teh hijau merupakan teh paling umum yang dapat ditemui di mana saja. Pada setiap 200 gram daun teh, terdapat 28 mg kafein.

Teh hijau tinggi akan kandungan polifenol, yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Polifenol juga berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh, lho. Jenis polifenol pada teh hijau bernama katekin. Katekin terbukti ampuh dalam mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan jenis-jenis kanker tertentu.

Teh Hitam (Black Tea)

Black Tea

Sumber : Hasan Albari from Pexels


Tidak kalah dengan teh hijau, teh hitam juga menawarkan manfaat luar biasa bagi tubuh. Teh hitam mengandung polifenol jenis theaflavin. Dengan kandungan ini, ditemukan bahwa mengonsumsi teh hitam secara rutin dapat menurunkan resiko gangguan neurokognitif seperti demensia juga kanker dan penyakit jantung.

Teh Kamomil (Chamomile tea)
Kamomil merupakan bunga herba yang biasa digunakan sebagai teh dan tidak mengandung kafein. Teh kamomil populer di kalangan orang-orang yang memiliki gangguan tidur karena kerap memberikan efek menenangkan. Selain itu, teh kamomil terbukti ampuh dalam menstimulasi sistem imun dan mengurangi nyeri pada perempuan yang sedang mengalami PMS.

Teh Jahe
Siapa yang sering dibikinkan teh jahe saat sedang flu atau sakit perut? Orang Indonesia sudah mengenal teh jahe sejak lama sebagai obat ketika perut sedang tak sehat. Ternyata, teh jahe memang sangat baik untuk mengurangi mual, muntah dan gangguan pencernaan. Selain kaya akan antioksidan, teh jahe juga dapat mengurangi hipertensi dan membantu menurunkan berat badan. Kaya banget ya manfaat teh jahe?

Teh Oolong
Tampilannya membuat kita sering bertanya-tanya, teh oolong itu sebenarnya jenis teh hitam atau teh hijau, ya? Jawabannya adalah di antara keduanya! Teh yang lebih sering ditemui di RRC dan Taiwan ini difermentasi sebagian, tidak seperti teh hitam yang sepenuhnya difermentasi.

oolong tea

Sumber : Cup of Couple from Pexels

Teh oolong mampu mengurangi tingkat kolesterol, hingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi teh oolong secara rutin, kamu juga dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, lho!

Sumber thumbnail : Tima Miroshnichenko from Pexels

PLANTFUL