Blog

6 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

July 27, 2021
/
Food , Health
6 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur image

Nutrisi dari sayur yang kita makan tidak hanya berpengaruh pada orang dewasa. Pertumbuhan anak-anak sangat bergantung pada asupan gizi yang didapat sejak dini. Dengan memakan sayuran dan buah pada usia belia, nutrisi yang diserap akan membantu perkembangan otak, pertumbuhan tulang serta otot, dan penguatan imun tubuh, jadi anak tak mudah terjangkit penyakit.

Membantu anak untuk menikmati makan sayur-sayuran memang tidak mudah. Sayur selalu identik dengan rasa pahit, tekstur yang menjijikan, dan menu membosankan. Namun tenang saja, ada 6 cara agar anak suka makan sayur. Jangan panik, yuk ikuti cara-caranya!

Berikan Contoh

Kids

Sumber : August de Richelieu from Pexels


Anak-anak mempelajari apa yang dilakukan orang tua dan anggota keluarga lainnya. Jika mau anak Anda mengonsumsi sayur dan buah, terapkan terlebih dahulu pola makan dominan sayur pada diri sendiri serta pasangan. Penting untuk anak melihat cara Anda makan sehingga ketertarikan awal pun mulai terbentuk.

Ajak Anak Menyiapkan Menu Sayuran

Kids Veggies

Sumber : Kampus Production from Pexels


Dengan mengajak anak untuk ikut menyiapkan menu berbasis sayuran, Anda jadi lebih memahami menu dan jenis sayur apa yang mereka sukai. Sayuran dengan tekstur renyah, sup, atau salad. Dengan melibatkan anak, mereka akan lebih leluasa juga dalam mengenal aneka sayur dan buah. Menu-menu kreatif pun dapat tercipta dalam proses ini. Tak akan ada lagi menu sayur yang membosankan!

Sajikan Sayur Sebagai Kudapan
Membiasakan anak untuk makan sayuran tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Selain mengenalkan aneka jenis sayur pada piring makan, menawarkan sayur dalam bentuk kudapan juga jadi cara ampuh untuk membiasakan anak pada sayur. Anda bisa menyajikan potongan kecil wortel dengan jagung manis yang bisa dicelupkan ke saus. Atau membuat sate buah yang diselipkan brokoli di antaranya.

Broccoli

Sumber : cottonbro from Pexels

Jangan Biasakan Untuk Menyogok!
Setelah berhasil makan sayur saat makan malam, Anda berjanji akan memberikan permen gula sebagai hadiah? Jangan! Dengan begini anak akan menanamkan pada dirinya bahwa makan sayur bukanlah suatu keharusan, melainkan paksaan. Berkomitmenlah untuk benar-benar membuat anak mencintai sayur dan buah dan menghabiskan apa yang ada di piringnya. Bersikap tegas tanpa menyogok atau mengancam, lama kelamaan anak akan memahami bahwa makan sayur lebih baik dari pada kelaparan.

Pentingnya Mengolah Sayur yang Sehat
Membuat tempura sayur tentu boleh-boleh saja, namun usahakan untuk tetap mengolah sayur dengan cara yang sehat dan baik sehingga nutrisi di dalam sayur tidak hilang sia-sia. Di sini Anda bisa menjadi lebih kreatif dalam menyajikan sayuran terutama jika anak masih sulit untuk menerima sayur. Masukkan sayur dalam smoothie, misalnya. Atau sembunyikan parutan sayur dalam saus pasta. Sehat namun harus tetap enak, ya!

Jangan Menyerah!
Anak masih menolak makan sayur? Jangan lelah dan jangan menyerah untuk tetap menyajikan aneka macam sayuran dalam menu serta kudapan harian. Anak-anak mudah berubah pikiran, mereka mungkin tidak akan suka pada awalnya. Namun jika terus didorong dengan sajian sayur, bisa saja mereka berubah pikiran dan mulai menikmati sayuran.

Sumber thumbnail : Jill Wellington from Pexels

PLANTFUL