Blog

  • 4 Cara Ampuh Kenyang Lebih Lama Dengan Diet Vegan

    August 31, 2021
    /
    Diet , Food , Life Style , Veganism
    4 Cara Ampuh Kenyang Lebih Lama Dengan Diet Vegan image

    Saat merubah pola diet menjadi vegan, pertanyaan yang sering kita bayangkan adalah “Apakah bisa kenyang cuma makan sayuran aja?”. Walau hidangan vegan sangat bervariatif, tapi sudah tertanam di benak bahwa sayuran biasanya hanya menjadi menu pendamping, bukan menu utama di piring.

    Tenang aja! Kelaparan terus menerus saat jadi vegan adalah mitos belaka! Ada banyak tips dan trik untuk menjaga perut tidak keroncongan setiap saat, tapi tetap sehat dan tentunya 100 vegan. Plantful sudah merangkum 4 Cara Ampuh Kenyang Lebih Lama Dengan Diet Vegan!


    Minum Air
    Minum air tak hanya merehidrasi tubuh yang cairannya telah terkuras, tapi juga membantu seluruh organ untuk bekerja. Kalau kamu merasa lapar secara tiba-tiba, coba deh minum air putih dulu. Bisa jadi bukan kelaparan ingin makan, tetapi haus butuh air putih. Ingat! Air putih, ya bukan kopi.

    Biasakan Minum Smoothie

    Smoothie

    Photo by Alisha Mishra from Pexels


    Gak perlu setiap saat, tapi kamu bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk meminum smoothie. Smoothie terdiri dari aneka macam buah atau sayur, yang diblender bersama susu plant based, dan bahan-bahan tambahan seperti bubuk protein, selai kacang tanpa pemanis, sirup maple, chia dan flax seeds. Meminum smoothie di pagi hari adalah waktu yang paling dianjurkan, karena tidak terlalu berat tapi mengenyangkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, smoothie di pagi hari juga ampuh untuk melancarkan pencernaan, lho.

    Ngemil Sehat
    Ngemil juga diperlukan dan kabar baiknya, vegan juga bisa nyemil, kok! Kamu bisa pilih camilan kaya serat seperti buah-buahan segar yang rendah kalori, kacang panggang, atau buah kering. Kini ada banyak aneka camilan vegan yang bisa kamu lahap. Dari roti isi, chocolate chip, hingga crackers. Cek aja di Plantful Mart, siapa tahu kamu mau nyetok camilan vegan.

    Makan Karbohidrat Kompleks
    Karbohidrat tidak selalu jahat! Selama kamu memilih jenis karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan memastikan cara masaknya tidak menjadikannya “junk food”, karbohidrat tidak akan membuat tubuh jadi sakit.

    Carbs

    Photo by Ella Olsson from Pexels

    Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh karena di dalamnya terdapat aneka protein, vitamin dan mineral. Pilih karbohidrat vegan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, gandum, umbi-umbian, lengkap dengan sayuran. Piring makanmu akan ramai dan perut kenyang lebih lama. Kalau sedang dalam diet kalori, jangan lupa untuk sesuaikan porsinya, ya! Di Plantful, menu makan siang dan makan malam yang bisa kamu pesan sudah mengandung karbohidrat kompleks sesuai dengan kebutuhan asupan harian. Plantful juga memiliki aneka jenis paket katering yang bisa kamu pilih, lho! Klik di sini untuk mengetahui informasi katering vegan Plantful lebih lanjut!

    Tuh, vegan juga bisa kenyang lebih lama, dengan 4 Cara Ampuh Kenyang Lebih Lama Dengan Diet Vegan, kan? Bersama Plantful, dijamin perut akan kenyang lebih lama dengan diet yang 100% vegan. Pesan katering vegan mu bersama Plantful di sini

    Sumber thumbnail : Photo by Nathan Cowley from Pexels

    PLANTFUL


  • Ini Dia Produk-Produk Vegan Terbaik yang Bikin Lupa Dengan Produk Hewani!

    August 31, 2021
    /
    Food , Veganism
    Ini Dia Produk-Produk Vegan Terbaik yang Bikin Lupa Dengan Produk Hewani! image

    Walau vegan bukanlah hal baru, namun keragaman bahan makanan berbasis nabati semakin berkembang dan inovatif. 10 tahun lalu rasanya tidak mungkin bisa memakan burger dengan patty yang teksturnya sangat mirip daging hewani, namun berbasis nabati. Vegan di masa kini memiliki banyak pilihan. Menu-menu vegan pun tak lagi membosankan.

    Di masa yang akan datang, bukan tidak mungkin bahwa produk hewani akan benar-benar tergantikan. Sudah terbukti dari lemari produk nabati di supermarket yang semakin mendapatkan tempat, tak lagi hanya satu baris kecil di pojokkan.

    Menurut Plantful, produk-produk vegan tak hanya membantu peralihan pola makan, tetapi juga memudahkan vegan untuk berkreasi. Ini dia produk-produk vegan terbaik yang bikin kamu lupa sama produk hewani!

    Keju Vegan
    Tiap tahunnya produk keju vegan semakin bervariasi dan rasanya pun kian meningkat. Tak lagi terasa seperti ampas kedelai, keju vegan kini rasanya juga sangat enak! Tabur di atas pizza vegan, parut untuk membuat roti bakar, dimakan dengan buah dan biskuit vegan, apa yang gak bisa digantikan dengan keju vegan?

    Susu Plant Based
    Susu selalu jadi bahan pokok karena kampanye minum susu hewani untuk kesehatan. Setelahnya, susu ditambahkan ke dalam aneka masakan. Seperti sup, kue, krim, saus, dan masih banyak lagi. Beralih menjadi vegan tentu sulit ketika tak lagi bisa mengonsumsi susu hewani. Karena itu penemuan susu berbasis nabati merupakan sebuah revolusi dalam dunia veganisme.

    Plant based milk

    Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

    Saat ini susu plant based memang didominasi oleh kacang-kacangan, namun semakin banyak lho susu dengan bahan lain seperti gandum, biji-bijian, dan kelapa.

    Mentega Vegan
    Sama dengan keju, walau tak semua orang mengonsumsi mentega secara rutin, tetap saja ditemukannya mentega vegan disambut baik, terutama oleh para pembuat kue.

    Daging Vegan

    Meat


    Buat apa jadi vegan kalau tetap membuat daging berbasis nabati? Rasanya gemas ya mendengar pertanyaan ini, tapi daging vegan berperan penting terutama untuk mereka yang baru bertransisi menjadi vegan.

    Rica

    Selain itu, daging vegan juga dapat membuat hidangan vegan jadi bervariasi dan tetap sehat. Kayak aneka daging vegan ala Plantful, nih! Ada Yayam Rica-Rica, Rendang Vegan, dan Mie Yayam Bakso. Kamu bisa pesan tiga kotak daging vegan ini di sini!

    Telur Vegan

    EggNot


    Masih gak percaya, kan kalau vegan punya alternatif telur? Eggnot adalah salah satu pelopor telur vegan di Indonesia. Telur cair ini bisa digunakan layaknya penggunaan telur ayam, lho! Seperti bikin kue, bikin dadar telur, dan membuat saus. Masih kurang yakin? Pesan aja dulu, di Plantful Mart dan cobain betapa lezatnya telur vegan!

    Yogurt Vegan
    Sama seperti susu, bagi sebagian orang, mengonsumsi yogurt secara rutin sangat penting untuk kesehatannya. Jadi, apa seorang vegan bisa menikmati yogurt? Tentu saja bisa! Yogurt vegan itu NYATA! Ada yang terbuat dari kacang kedelai, ada juga yang terbuat dari kelapa, lho. Keren banget kan produk-produk vegan sekarang?

    Masih banyak lagi produk-produk vegan inovatif yang gak kalah kerennya! Plantful gak sabar menanti apa lagi yang akan diciptakan di masa mendatang. Being vegan is easy and fun!

    PLANTFUL


  • 6 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

    August 31, 2021
    /
    Diet , Food , Health
    6 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih image

    Walau bukan jadi satu-satunya sumber karbohidrat dan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, nasi tetap jadi pilihan paling populer di berbagai daerah. Kebiasaan sejak kecil bukanlah satu-satunya alasan mengapa nasi lebih populer. Proses pengolahan yang mudah dan cepat, serta rasa kenyang yang dialami setelah mengonsumsi nasi juga dua dari sekian banyak alasan lainnya.

    Nasi ada di mana saja. Baik di rumah sendiri maupun di restoran bintang lima sekalipun. Rasanya sulit memisahkan nasi dari budaya makan orang Indonesia. Namun, kian banyak studi yang menganalisis bahwa konsumsi nasi putih setiap porsi per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Salah satu penyebabnya adalah glukosa pada nasi putih yang sulit dicerna oleh tubuh. Indeks glikemik pada beras putih sangat tinggi dan dapat menaikkan level gula darah.

    Hal ini sangat disayangkan mengingat nasi lebih mudah ditemui. Padahal sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak sumber karbohidrat lain selain nasi, lho. Apa saja sih 6 karbohidrat pengganti nasi putih?

    Jali-Jali (Barley)
    “Ini dia si jali-jali, lagunya enak lagunya enak merdu sekali.” Pernah mendengar potongan lirik lagu tersebut? Judul lagu daerah dari Jakarta ini ternyata diambil dari tumbuhan sereal bernama Jali-Jali (jelai). Di Asia Timur, jali-jali memang merupakan sumber pangan pokok karena seperti nasi, jali-jali sangat mengenyangkan. Jali Jali sangat tinggi akan serat, molibdenum, mangan dan selenium. Juga mengandung sejumlah zat tembaga, vitamin B1, kromium, fosfor, magnesium dan niasin. Dengan melimpahnya kandungan nutrisi dalam jali-jali, jika mengonsumsinya secara rutin, akan menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan tentunya kanker usus.

    Nasi Merah
    Pada beras merah, hanya lapisan sekam yang dihilangkan, hingga masih menyisakan lapisan membran terluar yang kandungan serat, protein, asam lemak esensial dan berbagai vitamin masih terjaga. Membuat beras merah jauh lebih berserat dari pada beras putih. Indeks glikemik pada beras merah juga sangat rendah, lho! Jadi bagi kamu yang belum bisa move on dari nasi putih, pilih saja nasi merah sebagai alternatif.

    Sagu
    Sagu merupakan sumber karbohidrat yang bisa dipakai menjadi pengganti nasi. Masyarakat Indonesia Timur mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok. Kadar gula dan lemak pada sagu sangatlah rendah walau tinggi karbohidrat. Tandanya, sagu sangat cocok sebagai alternatif nasi karena mengenyangkan dan jadi sumber energi terbaik. Sudah saatnya nih belajar masak papeda!

    Nasi Kembang Kol
    Parut kembang kol dan tumis sebentar di teflon, tadaaa jadi lah nasi kembang kol! Kembang kol rendah karbo dan lemak, juga tinggi akan folat serta merupakan sumber antioksidan, seperti vitamin A dan C. Rajin-rajin mengonsumsi nasi kembang kol dapat menurunkan tekanan darah tinggi, lho!

    Ubi
    Syukurlah di Indonesia terdapat aneka macam ubi. Mulai dari ubi kayu, ubi ungu, ubi Cilembu, hingga ubi jalar. Kebanyakan ubi memiliki rasa manis, namun kadar gulanya jauh lebih rendah dari pada nasi putih. Kamu bisa berkreasi dengan sumber karbohidrat kompleks satu ini untuk menjadikannya makanan pokok. Dikukus, direbus, dipanggang, digoreng. Ubi enak banget diolah dan dimakan bersama lauk apapun!

    Pisang
    Masa buah pisang jadi karbohidrat pengganti nasi, sih? Kan manis? Eittss, lagi-lagi kita harus bersyukur jadi orang Indonesia, karena di sini tersedia berbagai jenis pisang dan gak semuanya memiliki rasa manis. Pilih jenis pisang yang tawar, kukus, dan makan bersama lauk andalanmu. Jadi deh hidangan kaya karbo, serat, protein, dan vitamin namun rendah gula dan kalori.

    Ternyata banyak sekali kan makanan pokok sumber karbohidrat pengganti nasi? Tentu saja mengonsumsi nasi tidak dilarang, namun jangan lupa untuk mencoba berbagai sumber karbohidrat lainnya agar tubuh lebih sehat dan pengetahuan ragam pangan kita kian bertambah. Di Plantful, kamu bisa memilih sumber karbohidrat andalanmu! Ada nasi merah, kentang, nasi kembang kol, dan masih banyak lagi. Yuk segera order katering vegan bersama Plantful!

    Sumber thumbnail : Photo by Vie Studio from Pexels

    PLANTFUL


  • Dulu Ogah, Kini Gordon Ramsay Bagikan Resep Vegan

    August 30, 2021
    /
    Entertainment , News , Veganism
    Dulu Ogah, Kini Gordon Ramsay Bagikan Resep Vegan image

    Koki selebriti asal Skotlandia, Gordon Ramsay tidak pernah berhenti menjadi viral di jagat internet. Walau pernah melontarkan kritik pedas terhadap makanan vegan hingga ikut mengolok-olok vegan teacher di Tik Tok, kini Gordon Ramsay tak malu untuk mencoba resep-resep berbasis nabati dan membagikannya di akun media sosialnya.

    Baru-baru ini chef Gordon menunjukkan cara membuat vegan bacon kepada 26,2 juta pengikutnya di Tik-Tok. Dalam video singkat yang telah ditonton oleh 16,4 juta viewers itu, Gordon berbagi pengalamannya dalam membuat hidangan BLT (bacon, lettuce, and tomato sandwich) yang umumnya menggunakan daging asap babi. Namun Gordon mengganti daging asap hewani dengan versi vegan, yaitu menggunakan tahu yang dihancurkan dan rice paper.

    Pertama-tama, Gordon memarinasi tahu orak-arik dengan bumbu yang terdiri dari parutan bawang putih, nutritional yeast, sirup maple, cayenne pepper, paprika, kecap asin, sriracha, dan lelehan vegan butter. Tak lupa, Ia juga mencelupkan potongan persegi panjang rice paper ke dalam sisa saus marinasi.

    Vegan BLT

    WWW.GORDONRAMSAY.COM

    Ia lalu menyusun bahan-bahan tadi membentuk bacon. Lapisan pertama adalah rice paper, lalu potongan tahu, lalu ditekan dengan rice paper lagi. Vegan bacon lalu dipanggang hingga kering dan ditumpuk dalam lapisan roti, sayuran, serta saus vegan yang akhirnya menjadi vegan BLT Sandwich.

    Kamu bisa menemukan resep vegan bacon pada website resmi Gordon Ramsay, www.gordonramsay.com

    Walau belum menjadi vegan penuh waktu, Gordon sangat bersemangat untuk berpetualang dengan aneka hidangan vegan. Sejak 2018, Gordon telah menambahkan menu vegan di restoran-restorannya. Ia pun berpartisipasi dalam veganuary dengan meluncurkan menu populernya, Beef Wellington, yang tentu saja tidak menggunakan daging, melainkan buah bit.

    Beef Wellington

    WWW.GORDONRAMSAYRESTAURANTS.COM

    Gordon juga menerangkan bahwa keempat anak remajanya telah meyakinkan dirinya untuk mulai lebih banyak mengonsumsi dan memasak hidangan berbasis nabati. Ia pun dinobatkan sebagai ambassador Silk (perusahaan susu nabati asal Colorado) untuk mempromosikan susu oat terbaru mereka.

    “Well, it took my kids getting on me, but now I really enjoy cooking more plant-based dishes at home and in my restaurants,” Ujarnya di media sosial.

    Sumber thumbnail : www.gordonramsay.com

    PLANTFUL


  • 5 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Tingkatkan Kesehatan Gigi

    August 28, 2021
    /
    Food , Health
    5 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Tingkatkan Kesehatan Gigi image

    Tak hanya enak dipandang saat tersenyum, gigi yang sehat adalah tanda jika seseorang telah menjaga kesehatan dirinya dengan baik. Kok bisa?

    Menjaga kesehatan gigi dan mulut seringkali terlupakan sehingga ketika sudah mengalami kesakitan, baru diobati. Padahal sakit pada gigi dan gusi sangat bisa dicegah, karena kesehatannya amat tergantung pada bagaimana kita menjaga pola hidup sehari-hari, terutama dari apa yang kita makan. Kesehatan diri secara menyeluruh tergantung pada kesehatan gigi mulut. Jika gigi mulut mengalami gangguan kesehatan dalam jangka panjang, maka bisa dipastikan hal tersebut menjadi tanda awal adanya penyakit dalam tubuh.

    Dengan mengabaikan perawatan gigi, mulut serta gusi, bakteri jahat akan menyebar ke seluruh organ tubuh, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, hingga ketahanan imun. Untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit kronis seperti diabetes, alzheimer, osteoporosis, HIV/AIDs dokter juga dapat melihat ciri-cirinya dari kondisi kesehatan gigi.

    Menyikat gigi dengan sesekali menggunakan obat kumur saja sebenarnya tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sangat penting untuk rutin datang ke dokter gigi dan memeriksakan kesehatan gigi secara menyeluruh, sehingga jika ada yang terganggu, bisa segera ditangani sebelum semakin parah. Flossing gigi juga penting, walau hal ini sering diabaikan. Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan tusuk gigi dari bambu, padahal flossing dengan benang gigi jauh lebih bersih dan dapat menghindari infeksi pada gusi, tak seperti tusuk gigi.


    Data dari Riskesdas pada tahun 2018, sebanyak 57,6% penduduk Indonesia bermasalah gigi dan mulut, tetapi sayangnya hanya 10,2% yang mendapat perawatan oleh tenaga medis gigi. Dalam data ini juga disebutkan bahwa gigi berlubang pada anak usia dini telah mencapai sekitar 93%. Hanya 7% saja anak usia dini di Indonesia yang bebas dari karies gigi.

    Flossing

    Photo by Sora Shimazaki from Pexels

    Selain praktik perawatan gigi secara langsung, merawat kesehatan gigi melalui pola makan juga sama pentingnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak meminum minuman yang terlalu asam akan mempercepat pengikisan email gigi, atau disebut dengan erosi gigi. Erosi gigi tentu bisa sangat merepotkan, karena ketika enamel terkikis, maka dentin akan terbuka dan gigi menjadi sakit serta lebih sensitif.

    Ada 5 makanan dan minuman terbaik untuk tingkatkan kesehatan gigi kita. Dengan nutrisi yang tepat dan perawatan yang baik, maka kesehatan secara menyeluruh tampak di depan mata.

    Bawang Putih dan Bawang Bombay
    Kedua jenis bawang ini sangat kaya akan fitokimia yang salah satu fungsinya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Bawang putih memiliki banyak komponen antimikroba aktif, terutama allicin. Sebagai antimikroba, allicin dapat melawan berbagai jenis patogen beserta racunnya.

    Pear

    Photo by mali maeder from Pexels

    Buah Pir
    Buah pir memang manis, namun kandungan air yang sangat banyak dapat menipiskan kandungan gula di dalamnya. Buah pir juga mengandung vitamin C namun tidak mengandung asam seperti buah lain, sehingga sangat aman untuk enamel gigi.

    Teh Hijau dan Teh Hitam
    Kedua jenis teh ini kaya akan zat polifenol yang dapat membunuh dan menahan bakteri. Polifenol berfungsi untuk mencegah bakteri yang dapat berkembang menjadi zat asam hingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

    Baca juga : 5 Jenis Teh yang Paling Sehat untuk Tubuh

    Sayur-sayuran
    Terutama sayuran jenis cruciferous atau silangan seperti kol, kubis, brokoli, kembang kol. Jenis sayuran ini memiliki tekstur renyah yang dapat membantu mulut mengeluarkan liur saat dikunyah dan membersihkan gigi.

    Baca juga : Hindari Terpapar Pestisida, Ini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar!

    Air putih
    Meminum air putih sangat penting bagi kesehatan gigi. Selain dapat membasuh zat asam dan menghindarkan gigi dari bakteri jahat, air mineral yang mengandung zat fluoride juga dapat menguatkan gigi, lho. Saat mengonsumsi makanan yang terlalu manis atau terlalu asam, jangan lupa basuh mulut dengan air putih!

    Tidak sulit kan menemukan makanan dan minuman terbaik untuk tingkatkan kesehatan gigi? Jangan lupa untuk menyikat gigi, berkumur dengan benar, flossing, dan periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, ya! Ingat, gigi yang sehat mengarahkan pada kesehatan seluruh tubuh yang optimal.

    Sumber studi :

    pusdatin.kemkes.go.id

    Old Wives’ Tales and Garlic as an Antibiotic: Are Microbial Myths Fact or Fiction?

    Oral Health Knowledge, Perceptions, and Habits of Adolescents from Portugal, Romania, and Sweden: A Comparative Study

    Oral health: A window to your overall health

    Survey Menunjukkan Kebiasaan Gosok Gigi Menurun Saat Pandemi COVID-19

    Sumber thumbnail : Photo by Shiny Diamond from Pexels

    PLANTFUL


  • Sehat Lahir Batin dengan Green Exercise

    August 27, 2021
    /
    Environment , Health , Life Style
    Sehat Lahir Batin dengan Green Exercise image

    Pentingnya berolahraga secara rutin walau hanya 15 menit merupakan jalan menuju hidup sehat. Selain menjaga pola makan yang sehat, olahraga juga dibutuhkan agar tubuh dan psikis dapat berfungsi dengan baik. Kurangnya pergerakan fisik secara berkala akan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lain seperti, diabetes melitus, kanker usus dan payudara, obesitas, tekanan darah tinggi, masalah reproduksi, depresi, dan osteoporosis.

    Olahraga juga tak melulu berat. Kita tidak harus melakukan olahraga angkat beban, pilates, lari marathon, atau pergi ke pusat kebugaran setiap hari. Olahraga bisa dimulai dengan gerakan-gerakan ringan, seperti berjalan kaki selama setengah jam, senam 15 menit, atau lompat tali.

    Bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba green exercise. Green exercise merupakan kegiatan fisik yang dilakukan di lingkungan alami, seperti taman, hutan, perbukitan. Sejak tahun 2003, tim peneliti dari University of Essex terus menemukan keterlibatan antara kegiatan yang dilakukan di alam, dengan kesehatan jasmani serta rohani.

    Green exercise

    Photo by RF._.studio from Pexels

    Dalam riset tersebut, disebutkan bahwa berolahraga di lingkungan alami dapat memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri, serta memperbaiki suasana hati. Hasil penelitian juga menunjukkan efek yang signifikan terhadap orang-orang dengan gangguan mental (depresi, gangguan kecemasan).

    Berolahraga di alam memang memberikan hasil yang jauh berbeda dengan olahraga di dalam ruangan, seperti di pusat kebugaran misalnya. Peneliti juga menunjukkan hasil bahwa tubuh manusia yang telah dirancang secara natural untuk berkegiatan di alam memang lebih kuat dan bugar saat melakukan green exercise. Berlari di luar misalnya, jika berlari terutama di daerah dengan perbukitan, akan memperkuat otot pergelangan kaki.

    Latihan fisik yang dilakukan di daerah hijau juga berkontribusi pada tekanan darah dan kadar kortisol yang lebih sehat.

    Green exercise

    Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

    Selain memberi efek luar biasa terhadap ketahanan tubuh dan mental, berada di lingkungan alami apalagi sembari berolahraga dapat memberi dampak baik untuk mikrobioma, sehingga kita bisa lebih kebal terhadap alergi, serta meningkatkan imun untuk menangkal bakteri.

    Dengan berbagai kebaikan yang bisa kita terima dari green exercise, apakah keuntungan tersebut hanya didapatkan oleh manusia? Tentu tidak! Dengan melakukan green exercise secara rutin, kita akan merasa lebih terhubung dengan alam. Rasa syukur dan terima kasih pun berkembang dalam diri, sehingga keinginan untuk menjaga lingkungan akan semakin membesar.

    Bagaimana jika saya tinggal di perkotaan? Apakah harus menunggu untuk bepergian ke pegunungan agar bisa berolahraga? Tidak perlu repot-repot! Cari info tentang ruang hijau di area-mu. Misalnya taman kota. Kamu juga tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama, 10-15 menit saja sudah cukup. Kamu bisa berlari, bersepeda, atau jalan kaki.

    Jika kian banyak kelompok masyarakat yang melakukan green exercise, masyarakat pun dapat bekerja sama menuntut penambahan ruang hijau pada pemerintah daerah, terutama bagi masyarakat perkotaan.

    Di masa pandemi seperti sekarang, green exercise menjadi sangat penting baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Tetapi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker, ya! Jika peraturan daerahmu belum mengizinkan berolahraga di ruang terbuka, maka untuk sementara, olahraga di rumah saja, ya!

    Sumber studi : 

    Impact: How we started the green exercise revolution 

    Comparison of Lower Extremity Kinematic Curves During Overground and Treadmill Running

    What is green exercise and should you be doing it?

    https://www.greenexercise.org/

    The great outdoors: how a green exercise environment can benefit all

    Green exercise can improve physical and mental health

    Health benefits of physical activity: the evidence

    Sumber thumbnail : Photo by Dorothy Castillo from Pexels

    PLANTFUL


  • Veg News : Met Gala 2021 Akan Sajikan Hidangan Vegan Papan Atas

    August 26, 2021
    /
    Life Style , News , Veganism
    Veg News : Met Gala 2021 Akan Sajikan Hidangan Vegan Papan Atas image

    Acara tahunan paling bergengsi, Met Gala yang sempat tertunda tahun lalu karena pandemi Covid-19 akan segera kembali pada 13 September 2021 dengan kabar gembira selain tema-nya yang bertajuk “In America: A Lexicon of Fashion,”. Seluruh hidangan yang akan disajikan saat Met Gala 2021 ini dipastikan 100% vegan.

    Met Gala adalah gala penggalangan dana tahunan yang ditujukan untuk kepentingan Institut Kostum Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat. Setiap tahunnya, para selebriti papan atas yang mendapat undangan akan mengenakan kostum sesuai tema dan menghadiri gala selama satu hari.

    Dengan disajikannya hidangan-hidangan vegan, Anna Wintour selaku chairman dan penyelenggara akan mempekerjakan plant based chefs terbaik di seluruh dunia. Sejauh ini Met Gala telah bekerja sama dengan 10 ahli masak vegan dari kota New York, yang nantinya akan menyiapkan menu bersama mulai dari canapés, entrées, dan hidangan penutup.

    Gebrakan ini tentu saja kian memperkuat posisi veganisme di dunia. Met Gala merupakan acara yang dinanti-nanti. Dengan popularitasnya, berkampanye tentang pentingnya mengubah pola makan menjadi veganisme / plant based akan semakin mudah dan diterima oleh seluruh masyarakat dari berbagai lapisan.

    Kalau kamu ingin tahu siapa saja chef yang telah terpilih untuk bekerja sama dengan Met Gala 2021, cari tagar #MetGalaChefs di Instagram. Siapa tahu vegan chef kesukaanmu adalah salah satunya!

    Sumber thumbnail : www.instagram.com/metcostumeinstitute

    PLANTFUL