Blog

5 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Tingkatkan Kesehatan Gigi

August 28, 2021
/
Food , Health
5 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Tingkatkan Kesehatan Gigi image

Tak hanya enak dipandang saat tersenyum, gigi yang sehat adalah tanda jika seseorang telah menjaga kesehatan dirinya dengan baik. Kok bisa?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut seringkali terlupakan sehingga ketika sudah mengalami kesakitan, baru diobati. Padahal sakit pada gigi dan gusi sangat bisa dicegah, karena kesehatannya amat tergantung pada bagaimana kita menjaga pola hidup sehari-hari, terutama dari apa yang kita makan. Kesehatan diri secara menyeluruh tergantung pada kesehatan gigi mulut. Jika gigi mulut mengalami gangguan kesehatan dalam jangka panjang, maka bisa dipastikan hal tersebut menjadi tanda awal adanya penyakit dalam tubuh.

Dengan mengabaikan perawatan gigi, mulut serta gusi, bakteri jahat akan menyebar ke seluruh organ tubuh, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, hingga ketahanan imun. Untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit kronis seperti diabetes, alzheimer, osteoporosis, HIV/AIDs dokter juga dapat melihat ciri-cirinya dari kondisi kesehatan gigi.

Menyikat gigi dengan sesekali menggunakan obat kumur saja sebenarnya tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sangat penting untuk rutin datang ke dokter gigi dan memeriksakan kesehatan gigi secara menyeluruh, sehingga jika ada yang terganggu, bisa segera ditangani sebelum semakin parah. Flossing gigi juga penting, walau hal ini sering diabaikan. Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan tusuk gigi dari bambu, padahal flossing dengan benang gigi jauh lebih bersih dan dapat menghindari infeksi pada gusi, tak seperti tusuk gigi.


Data dari Riskesdas pada tahun 2018, sebanyak 57,6% penduduk Indonesia bermasalah gigi dan mulut, tetapi sayangnya hanya 10,2% yang mendapat perawatan oleh tenaga medis gigi. Dalam data ini juga disebutkan bahwa gigi berlubang pada anak usia dini telah mencapai sekitar 93%. Hanya 7% saja anak usia dini di Indonesia yang bebas dari karies gigi.

Flossing

Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Selain praktik perawatan gigi secara langsung, merawat kesehatan gigi melalui pola makan juga sama pentingnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak meminum minuman yang terlalu asam akan mempercepat pengikisan email gigi, atau disebut dengan erosi gigi. Erosi gigi tentu bisa sangat merepotkan, karena ketika enamel terkikis, maka dentin akan terbuka dan gigi menjadi sakit serta lebih sensitif.

Ada 5 makanan dan minuman terbaik untuk tingkatkan kesehatan gigi kita. Dengan nutrisi yang tepat dan perawatan yang baik, maka kesehatan secara menyeluruh tampak di depan mata.

Bawang Putih dan Bawang Bombay
Kedua jenis bawang ini sangat kaya akan fitokimia yang salah satu fungsinya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Bawang putih memiliki banyak komponen antimikroba aktif, terutama allicin. Sebagai antimikroba, allicin dapat melawan berbagai jenis patogen beserta racunnya.

Pear

Photo by mali maeder from Pexels

Buah Pir
Buah pir memang manis, namun kandungan air yang sangat banyak dapat menipiskan kandungan gula di dalamnya. Buah pir juga mengandung vitamin C namun tidak mengandung asam seperti buah lain, sehingga sangat aman untuk enamel gigi.

Teh Hijau dan Teh Hitam
Kedua jenis teh ini kaya akan zat polifenol yang dapat membunuh dan menahan bakteri. Polifenol berfungsi untuk mencegah bakteri yang dapat berkembang menjadi zat asam hingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

Baca juga : 5 Jenis Teh yang Paling Sehat untuk Tubuh

Sayur-sayuran
Terutama sayuran jenis cruciferous atau silangan seperti kol, kubis, brokoli, kembang kol. Jenis sayuran ini memiliki tekstur renyah yang dapat membantu mulut mengeluarkan liur saat dikunyah dan membersihkan gigi.

Baca juga : Hindari Terpapar Pestisida, Ini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar!

Air putih
Meminum air putih sangat penting bagi kesehatan gigi. Selain dapat membasuh zat asam dan menghindarkan gigi dari bakteri jahat, air mineral yang mengandung zat fluoride juga dapat menguatkan gigi, lho. Saat mengonsumsi makanan yang terlalu manis atau terlalu asam, jangan lupa basuh mulut dengan air putih!

Tidak sulit kan menemukan makanan dan minuman terbaik untuk tingkatkan kesehatan gigi? Jangan lupa untuk menyikat gigi, berkumur dengan benar, flossing, dan periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, ya! Ingat, gigi yang sehat mengarahkan pada kesehatan seluruh tubuh yang optimal.

Sumber studi :

pusdatin.kemkes.go.id

Old Wives’ Tales and Garlic as an Antibiotic: Are Microbial Myths Fact or Fiction?

Oral Health Knowledge, Perceptions, and Habits of Adolescents from Portugal, Romania, and Sweden: A Comparative Study

Oral health: A window to your overall health

Survey Menunjukkan Kebiasaan Gosok Gigi Menurun Saat Pandemi COVID-19

Sumber thumbnail : Photo by Shiny Diamond from Pexels

PLANTFUL