Blog

6 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

August 31, 2021
/
Diet , Food , Health
6 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih image

Walau bukan jadi satu-satunya sumber karbohidrat dan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, nasi tetap jadi pilihan paling populer di berbagai daerah. Kebiasaan sejak kecil bukanlah satu-satunya alasan mengapa nasi lebih populer. Proses pengolahan yang mudah dan cepat, serta rasa kenyang yang dialami setelah mengonsumsi nasi juga dua dari sekian banyak alasan lainnya.

Nasi ada di mana saja. Baik di rumah sendiri maupun di restoran bintang lima sekalipun. Rasanya sulit memisahkan nasi dari budaya makan orang Indonesia. Namun, kian banyak studi yang menganalisis bahwa konsumsi nasi putih setiap porsi per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Salah satu penyebabnya adalah glukosa pada nasi putih yang sulit dicerna oleh tubuh. Indeks glikemik pada beras putih sangat tinggi dan dapat menaikkan level gula darah.

Hal ini sangat disayangkan mengingat nasi lebih mudah ditemui. Padahal sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak sumber karbohidrat lain selain nasi, lho. Apa saja sih 6 karbohidrat pengganti nasi putih?

Jali-Jali (Barley)
“Ini dia si jali-jali, lagunya enak lagunya enak merdu sekali.” Pernah mendengar potongan lirik lagu tersebut? Judul lagu daerah dari Jakarta ini ternyata diambil dari tumbuhan sereal bernama Jali-Jali (jelai). Di Asia Timur, jali-jali memang merupakan sumber pangan pokok karena seperti nasi, jali-jali sangat mengenyangkan. Jali Jali sangat tinggi akan serat, molibdenum, mangan dan selenium. Juga mengandung sejumlah zat tembaga, vitamin B1, kromium, fosfor, magnesium dan niasin. Dengan melimpahnya kandungan nutrisi dalam jali-jali, jika mengonsumsinya secara rutin, akan menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan tentunya kanker usus.

Nasi Merah
Pada beras merah, hanya lapisan sekam yang dihilangkan, hingga masih menyisakan lapisan membran terluar yang kandungan serat, protein, asam lemak esensial dan berbagai vitamin masih terjaga. Membuat beras merah jauh lebih berserat dari pada beras putih. Indeks glikemik pada beras merah juga sangat rendah, lho! Jadi bagi kamu yang belum bisa move on dari nasi putih, pilih saja nasi merah sebagai alternatif.

Sagu
Sagu merupakan sumber karbohidrat yang bisa dipakai menjadi pengganti nasi. Masyarakat Indonesia Timur mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok. Kadar gula dan lemak pada sagu sangatlah rendah walau tinggi karbohidrat. Tandanya, sagu sangat cocok sebagai alternatif nasi karena mengenyangkan dan jadi sumber energi terbaik. Sudah saatnya nih belajar masak papeda!

Nasi Kembang Kol
Parut kembang kol dan tumis sebentar di teflon, tadaaa jadi lah nasi kembang kol! Kembang kol rendah karbo dan lemak, juga tinggi akan folat serta merupakan sumber antioksidan, seperti vitamin A dan C. Rajin-rajin mengonsumsi nasi kembang kol dapat menurunkan tekanan darah tinggi, lho!

Ubi
Syukurlah di Indonesia terdapat aneka macam ubi. Mulai dari ubi kayu, ubi ungu, ubi Cilembu, hingga ubi jalar. Kebanyakan ubi memiliki rasa manis, namun kadar gulanya jauh lebih rendah dari pada nasi putih. Kamu bisa berkreasi dengan sumber karbohidrat kompleks satu ini untuk menjadikannya makanan pokok. Dikukus, direbus, dipanggang, digoreng. Ubi enak banget diolah dan dimakan bersama lauk apapun!

Pisang
Masa buah pisang jadi karbohidrat pengganti nasi, sih? Kan manis? Eittss, lagi-lagi kita harus bersyukur jadi orang Indonesia, karena di sini tersedia berbagai jenis pisang dan gak semuanya memiliki rasa manis. Pilih jenis pisang yang tawar, kukus, dan makan bersama lauk andalanmu. Jadi deh hidangan kaya karbo, serat, protein, dan vitamin namun rendah gula dan kalori.

Ternyata banyak sekali kan makanan pokok sumber karbohidrat pengganti nasi? Tentu saja mengonsumsi nasi tidak dilarang, namun jangan lupa untuk mencoba berbagai sumber karbohidrat lainnya agar tubuh lebih sehat dan pengetahuan ragam pangan kita kian bertambah. Di Plantful, kamu bisa memilih sumber karbohidrat andalanmu! Ada nasi merah, kentang, nasi kembang kol, dan masih banyak lagi. Yuk segera order katering vegan bersama Plantful!

Sumber thumbnail : Photo by Vie Studio from Pexels

PLANTFUL