Blog

Hindari Terpapar Pestisida, Ini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar!

August 25, 2021
/
Health , Life Style
Hindari Terpapar Pestisida, Ini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar! image

Mencuci sayur dan buah dengan benar sebelum mengonsumsinya adalah hal terpenting yang kerap kali terabaikan. Padahal, mencuci sayur dan buah dapat menghindarkan kita dari kontaminasi mikroorganisme hidup yang dapat menyebabkan keracunan makanan, serta mengurangi paparan pestisida.

Kini nyaris tidak mungkin menghindari hasil panen yang benar-benar tanpa pestisida, bahkan pada sayur/buah organik masih didapati residu pestisida. Hal ini jadi tidak membahayakan tubuh kalau kita tahu cara membersihkan buah dan sayur. Terlalu seringnya tubuh terpapar pestisida dapat dihubungkan dengan kemunculan penyakit kronis di kemudian hari. Kanker, diabetes, cacat bawaan lahir, gangguan reproduksi, asma, parkinson, ALS, dan alzheimer. Paparan pestisida benar-benar meningkatkan resiko berbagai penyakit. Anak-anak lebih beresiko saat terpapar pestisida dari pada orang dewasa.

Lalu bagaimana cara mencuci sayur dan buah yang benar?

Cuci dengan air dingin yang bersih
Mencuci sayuran dan buah dengan air ledeng adalah yang paling umum dilakukan. Menurut uji coba yang dilakukan oleh Connecticut Agricultural Experiment Station, mencuci sayur dan buah dengan air bersih yang mengalir dapat menurunkan 9 dari 12 jenis residu pestisida.

Rendam dengan air garam atau cuka
Merendam sayur dan buah selama 20 menit dengan air bersih yang telah dicampur garam terbukti lebih efektif dalam menghilangkan residu pestisida dari pada mencucinya dengan air saja. Selain itu, cuka juga bisa ditambahkan dalam air rendaman jika tidak bisa menggunakan garam. Tidak perlu menambahkan keduanya, hanya salah satu saja.

Cuci/rendam lebih dari lima menit
Mencuci sayur dan buah hanya beberapa menit saja tentu tidak akan efektif. Oleh karena itu teknik merendam selama 15-20 menit lebih disarankan dari pada mencucinya dengan air mengalir selama lebih dari 5 menit.

Bilas setelah merendam
Setelah merendamnya selama 20 menit, jangan lupa untuk membilas sayur dan buah sekali lagi agar residu garam/cuka tidak menempel pada kulit. Kalau air keran di rumah tidak memiliki filter, sebaiknya cuci sedikit dengan air matang sebelum disimpan dalam kulkas.


Keringkan sayur dan buah setelah dicuci!
Jika kamu berniat untuk menyimpan sayur dan buah dalam kulkas, jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Karena sayur/buah yang basah dan langsung disimpan dalam wadah kedap udara bisa cepat membusuk. Pastikan juga kamu tahu cara menyimpan sayur dan buah sesuai dengan jenis dan kebutuhannya, ya!

Rutin mengonsumsi sayur serta buah sangatlah penting untuk kesehatan hingga waktu yang lama. Tetapi jangan lupa untuk benar-benar membersihkannya, ya! Gak mau kan terjangkit penyakit padahal rajin makan makanan sehat, dan ternyata sakitnya karena tidak mencuci bahan makanan dengan baik?

Sumber studi : 

Pesticides and human chronic diseases: evidences, mechanisms, and perspectives

Vulnerability of children and the developing brain to neurotoxic hazards

Effects of home preparation on pesticide residues in cabbage

Prenatal Exposure to Organophosphate Pesticides and IQ in 7-Year-Old Children

Sumber thumbnail : Photo by Any Lane from Pexels

PLANTFUL