Blog

Sehat Lahir Batin dengan Green Exercise

August 27, 2021
/
Environment , Health , Life Style
Sehat Lahir Batin dengan Green Exercise image

Pentingnya berolahraga secara rutin walau hanya 15 menit merupakan jalan menuju hidup sehat. Selain menjaga pola makan yang sehat, olahraga juga dibutuhkan agar tubuh dan psikis dapat berfungsi dengan baik. Kurangnya pergerakan fisik secara berkala akan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lain seperti, diabetes melitus, kanker usus dan payudara, obesitas, tekanan darah tinggi, masalah reproduksi, depresi, dan osteoporosis.

Olahraga juga tak melulu berat. Kita tidak harus melakukan olahraga angkat beban, pilates, lari marathon, atau pergi ke pusat kebugaran setiap hari. Olahraga bisa dimulai dengan gerakan-gerakan ringan, seperti berjalan kaki selama setengah jam, senam 15 menit, atau lompat tali.

Bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba green exercise. Green exercise merupakan kegiatan fisik yang dilakukan di lingkungan alami, seperti taman, hutan, perbukitan. Sejak tahun 2003, tim peneliti dari University of Essex terus menemukan keterlibatan antara kegiatan yang dilakukan di alam, dengan kesehatan jasmani serta rohani.

Green exercise

Photo by RF._.studio from Pexels

Dalam riset tersebut, disebutkan bahwa berolahraga di lingkungan alami dapat memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri, serta memperbaiki suasana hati. Hasil penelitian juga menunjukkan efek yang signifikan terhadap orang-orang dengan gangguan mental (depresi, gangguan kecemasan).

Berolahraga di alam memang memberikan hasil yang jauh berbeda dengan olahraga di dalam ruangan, seperti di pusat kebugaran misalnya. Peneliti juga menunjukkan hasil bahwa tubuh manusia yang telah dirancang secara natural untuk berkegiatan di alam memang lebih kuat dan bugar saat melakukan green exercise. Berlari di luar misalnya, jika berlari terutama di daerah dengan perbukitan, akan memperkuat otot pergelangan kaki.

Latihan fisik yang dilakukan di daerah hijau juga berkontribusi pada tekanan darah dan kadar kortisol yang lebih sehat.

Green exercise

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Selain memberi efek luar biasa terhadap ketahanan tubuh dan mental, berada di lingkungan alami apalagi sembari berolahraga dapat memberi dampak baik untuk mikrobioma, sehingga kita bisa lebih kebal terhadap alergi, serta meningkatkan imun untuk menangkal bakteri.

Dengan berbagai kebaikan yang bisa kita terima dari green exercise, apakah keuntungan tersebut hanya didapatkan oleh manusia? Tentu tidak! Dengan melakukan green exercise secara rutin, kita akan merasa lebih terhubung dengan alam. Rasa syukur dan terima kasih pun berkembang dalam diri, sehingga keinginan untuk menjaga lingkungan akan semakin membesar.

Bagaimana jika saya tinggal di perkotaan? Apakah harus menunggu untuk bepergian ke pegunungan agar bisa berolahraga? Tidak perlu repot-repot! Cari info tentang ruang hijau di area-mu. Misalnya taman kota. Kamu juga tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama, 10-15 menit saja sudah cukup. Kamu bisa berlari, bersepeda, atau jalan kaki.

Jika kian banyak kelompok masyarakat yang melakukan green exercise, masyarakat pun dapat bekerja sama menuntut penambahan ruang hijau pada pemerintah daerah, terutama bagi masyarakat perkotaan.

Di masa pandemi seperti sekarang, green exercise menjadi sangat penting baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Tetapi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker, ya! Jika peraturan daerahmu belum mengizinkan berolahraga di ruang terbuka, maka untuk sementara, olahraga di rumah saja, ya!

Sumber studi : 

Impact: How we started the green exercise revolution 

Comparison of Lower Extremity Kinematic Curves During Overground and Treadmill Running

What is green exercise and should you be doing it?

https://www.greenexercise.org/

The great outdoors: how a green exercise environment can benefit all

Green exercise can improve physical and mental health

Health benefits of physical activity: the evidence

Sumber thumbnail : Photo by Dorothy Castillo from Pexels

PLANTFUL