Blog

3 Jenis Ubi Jalar Lokal, Karbohidrat Pengganti Nasi

October 26, 2021
/
Diet , Food
3 Jenis Ubi Jalar Lokal, Karbohidrat Pengganti Nasi image

Ada lebih dari 10 jenis umbi-umbian yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dan dijadikan sumber karbohidrat utama selain nasi. Salah satu jenis umbi yang sangat populer adalah ubi. Ubi sendiri terdiri dari dua jenis, ubi jalar dan ubi kayu. Walau keduanya disebut ubi, namun ubi jalar dan kayu ternyata berasal dari famili yang berbeda.

Ubi jalar masuk ke dalam famili convolvulaceae, ditandai dengan pertumbuhannya yang merambat. Sementara untuk ubi kayu masuk ke dalam famili euphorbiaceae yang cara tumbuhnya seperti pohon dengan batang yang tegak ke atas menancap di tanah.

Ubi jalar cenderung lebih manis rasanya dengan varian warna yang beragam dan tekstur yang lembut, sedangkan ubi kayu cenderung tawar dan tak memiliki banyak varian warna.

Ubi jalar sangat kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, kolin, betakaroten, dan merupakan sumber karbohidrat tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur, Ubi jalar tak hanya dapat menjaga berat badan tapi juga dapat memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada 3 jenis ubi jalar lokal yang bisa kamu temui dan menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi.

Ubi Cilembu
Dalam setiap 100 gram ubi cilembu, terdapat 1,8 gram protein dengan vitamin A sebanyak 2310 mcg dan vitamin C sebanyak 29 mlgr. Jika dipanggang atau dikukus, ubi cilembu mengeluarkan rasa manis yang serupa dengan madu. Walau rasanya manis, ubi cilembu tidak akan menyebabkan diabetes, lho. Karena seratnya tinggi, ubi cilembu justru dapat membantu memerangi diabetes. Kandungan vitamin A yang tinggi juga dapat mencegah inflamasi.

Ubi Ungu
Sesuai dengan namanya, ubi cantik satu ini memiliki warna ungu dari kulit luar hingga bagian dagingnya. Selain sebagai sumber karbohidrat dan protein tinggi, ubi ungu juga merupakan sumber asupan vitamin A, C, B1, zat besi, fosfor dan kalsium terbaik khususnya bagi para vegan. Zat antosianin dalam ubi ungu juga mampu mencegah gangguan pada fungsi hati, mengobati hipertensi, asam urat, serta dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Cocok banget yah untuk yang sudah lanjut usia.

Ubi Jalar Kuning
Senyawa beta karoten adalah alasan di balik warna kuning pada ubi jalar kuning. Beta karoten merupakan senyawa dari karotenoid yang memberi pigmen berwarna oranye atau jingga pada sayuran dan buah. Setelah dikonsumsi, beta karoten dalam sayuran/buah akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi kuning juga memiliki zat kolin yang dapat membantu penyerapan lemak serta menyehatkan sel saraf otak guna meningkatkan daya ingat.

Sumber thumbnail : Photo by Daniel Dan from Pexels


PLANTFUL