Blog

7 Jenis Jamur Untuk Gantikan Aneka Jenis Daging Hewani

October 20, 2021
/
Food , Health , Veganism
7 Jenis Jamur Untuk Gantikan Aneka Jenis Daging Hewani image

Jamur memiliki keunikannya tersendiri. Dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna, jamur tidak masuk dalam kategori sayuran maupun tumbuhan. Namun satu yang pasti, jamur bukanlah hewan karena jamur membentuk kelompok organismenya sendiri.

Beberapa jenis jamur bisa dimakan tanpa perlu melalui proses masak, namun sebagiannya lagi perlu dimasak untuk menghilangkan bakteri atau sekadar mengeluarkan rasa umami. Tekstur jamur yang sangat mendekati tekstur daging hewani menjadikan jamur sebagai alternatif bagi para vegan. Tak hanya itu, jamur tidak hanya memasok tubuh dengan serat utama, tetapi juga dengan mineral. Jamur kaya akan vitamin B (riboflavin, niacin, dan asam pantotenat) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Serta rendah kalori dan rendah lemak.

Apa saja jenis jamur untuk gantikan aneka jenis daging hewani dalam menu-menu vegan?v

Jamur Portobello Untuk Hamburger

Portobello

Sumber : Photo by Jl Garcia from Pexels


Ukuran kepalanya besar dengan tekstur yang sangat mirip daging sapi membuat portobello paling sering digunakan dalam hidangan-hidangan panggang seperti hamburger dan steak. Setelah dipanggang, ukuran jamur portobello tidak terlalu banyak mengecil dan kelembabannya tetap terjaga sehingga menghasilkan tekstur yang lembut namun kokoh seperti daging.

Jamur King Oyster Pengganti Abalone
Jamur jenis king oyster merupakan keluarga terdekat dari jamur oyster, walau bentuknya tidak memiliki kemiripan antara satu sama lain. Jamur king oyster sangat erat dengan hidangan-hidangan negara Asia karena memang banyak tumbuh di benua Asia. Bentuknya menyerupai terompet dengan bagian batang yang gemuk berwarna putih, serta bagian kepala berwarna cokelat.

Dalam keadaan mentah, jamur king oyster tidak memiliki rasa, namun setelah dimasak, rasa umami akan keluar disertai aroma yang kuat. King oyster acap kali dijadikan pengganti daging dalam hidangan seperti pulled pork, steak, dan teriyaki. Namun tahu kah kamu, kalau jamur king oyster paling cocok untuk menjadi pengganti abalone? Batang jamur king oyster jika dipotong sesuai ukuran, akan menyerupai abalone dan setelah dimasak, teksturnya pun sangat mirip, lho!

Jamur Shiitake Pengganti Daging Bebek
Jamur satu ini merupakan salah satu jamur dengan cita rasa ‘earthy’ dan umami yang sangat kaya. Walau sudah dimasak, aroma khasnya tidak hilang sehingga menciptakan cita rasa unik. Karena tumbuh di benua Asia, jamur shiitake memang lebih sering digunakan dalam hidangan-hidangan Asia terutama Jepang dan Cina.

Jamur shiitake sangat cocok sebagai pengganti daging bebek dalam hidangan stir fry yang dimasak dengan bumbu khas Asia, sebagai isian bakpao atau hidangan dengan bumbu char siu. Tekstur shiitake sangat mendekati tekstur daging bebek.

Jamur Chanterelle Seperti Daging Kepiting

Chanterelle

Sumber : Photo by Fabian Wiktor from Pexels


Jamur berbentuk terompet ini paling jarang ditemukan di Asia dan harganya pun sangat mahal. Ini disebabkan oleh keberadaannya yang hanya bisa ditemui di negara-negara Eurasia dan Afrika. Jamur ini memiliki rasa khas yang manis serta tekstur lembut dan ringan yang sangat mirip dengan daging kepiting. Karena itulah chanterelle paling sering dimasak dalam menu pasta krim vegan.

Jamur Enoki Lembut Bak Daging Ikan
Putih dan langsing adalah deskripsi tanpa basa-basi untuk jamur enoki. Menemukannya di supermarket bukanlah hal yang sulit karena kepopulerannya di Indonesia. Jamur enoki sangat cocok dimasak dalam shabu-shabu atau dibungkus bersama daging sapi. Tapi apakah kamu tahu kalau tekstur jamur enoki adalah yang paling mendekati tekstur daging ikan putih? Kamu bisa menggunakannya dalam berbagai menu sebagai pengganti potongan daging ikan. Seperti dalam sup, tumisan, atau bahkan digoreng tepung.

Jamur Tiram Untuk Sate Usus Ayam Vegan

Oyster

Sumber : Photo by Olga Lioncat from Pexels


Warnanya putih dengan kepala yang rata melebar mirip seperti bunga. Jamur tiram tak hanya murah, tapi juga mudah untuk dimasak. Ditumis bersama bawang putih dan cabai saja sudah lezat karena teksturnya yang mirip daging ayam benar-benar bisa mengenyangkan. Kamu juga bisa memasak jamur tiram dengan bumbu sate usus lalu memanggangnya. Bentuk dan rasanya mirip sekali lho dengan sate usus ayam.

Jamur Kancing si Pengganti Daging Terpopuler

Button Mushroom

Sumber : Photo by alleksana from Pexels


Jamur yang satu ini sih sudah sangat sering digunakan dalam berbagai hidangan vegan karena paling mudah ditemukan dan rasanya pun lezat sehingga cocok untuk aneka masakan. Sebagai topping pizza, pengganti daging dalam pasta, dipanggang jadi sate, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memasaknya dalam keadaan utuh atau diiris-iris tipis dan rasanya tetap enak!

Ternyata kita bisa ya benar-benar meminimalisir konsumsi daging dan menggantinya dengan bahan lain yang kaya akan rasa, bentuk, serta nutrisi seperti jejamuran. Yuk mulai otak-atik resep berbahan utama daging hewani tapi menggantinya dengan jenis-jenis jamur di atas.

Sumber thumbnail : 

Photo by Maria Orlova from Pexels

PLANTFUL