Blog

Cara Mengolah Tahu Jadi Hidangan Lezat Tanpa Digoreng

October 28, 2021
/
Food , Veganism
Cara Mengolah Tahu Jadi Hidangan Lezat Tanpa Digoreng image

Selain tempe, tahu adalah salah satu olahan dari kacang kedelai yang sangat digemari oleh para vegan karena sumber proteinnya. Walau kandungan protein tahu tidak sebanyak tempe, namun tahu jauh lebih rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi mereka yang sedang menjaga berat badannya.

Tak seperti tempe, kita bisa menemui tahu di berbagai negara. Ini dikarenakan proses pembuatannya yang tidak terlalu khusus seperti tempe. Di Cina, Jepang, dan Korea, tahu menjadi bahan makanan yang nyaris selalu ada di setiap menu harian. Karena itulah aneka hidangan tahu sangat identik dengan ciri khas Oriental.

Di Indonesia, tahu lebih sering diolah dengan cara digoreng dalam minyak panas. Walau rasanya memang lezat dan sangat mudah dibuat, tapi jika setiap hari mengonsumsi tahu goreng tentu tidak akan menyehatkan tubuh. Ada cara mengolah tahu agar jadi hidangan lezat tanpa harus digoreng, lho. Bagaimana caranya, ya?

Sajikan Tanpa Dimasak

Raw Tofu

Sumber : www.instagram.com/lihamon


Jenis tahu yang bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak adalah silken tofu atau tahu sutera. Tekstur lembutnya yang mudah lebur memang membuat silken tofu cocok untuk dikonsumsi begitu saja. Beberapa resep tahu tanpa dimasak ini akan menambahkan kecap asin (soy sauce), potongan cabai, irisan daun bawang, minyak wijen, serta biji wijen panggang.

Orak Arik Tahu
Vegan tentu saja tidak dapat mengonsumsi telur, tapi kamu bisa lho membuat orak-arik dengan tahu. Gunakan tahu kuning lalu hancurkan dengan tangan hingga bulirnya tampak lebih kecil menyerupai telur orak-arik lalu tumis di atas panci dan beri bumbu. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan silken tofu untuk membuat orak-arik tahu.

Scrambled

Sumber : www.instagram.com/sarahsveganrecipes

Walaupun mudah hancur, silken tofu mengandung terlalu banyak air sehingga jika ditumis akan menjadi basah. Jika sedang tidak ada tahu kuning, gunakan tahu warna putih lalu tambahkan bubuk kunyit saat menumis.

Direbus Bersama Sup
Mau membuat sup miso? Atau sup sayuran tapi belum ada sumber proteinnya? Tambahkan saja tahu sutera yang telah dipotong kecil-kecil. Perlu diingat untuk menambahkan tahu di saat terakhir agar bentuknya masih utuh saat dikonsumsi. Hindari juga mengaduk-aduk sup saat tahu sudah ditambahkan karena tahu sutera sangat rapuh.

Braised

Braised

Sumber : www.instagram.com/kippysnacks


Teknik yang satu ini adalah memasak suatu bahan dengan waktu yang agak lama, seperti semur. Jika ada menu braised menggunakan daging hewani, kamu bisa menggantinya dengan tahu, lho! Braised tofu merupakan hidangan sehari-hari di Korea karena tahunya menjadi sangat kompleks akibat aneka ragam bumbu yang ditambahkan serta proses memasak yang lebih lama.

Dipanggang Untuk Dijadikan Steak
Tahu juga bisa diolah menjadi steak. Kamu harus menggunakan tahu dengan tekstur yang pada seperti extra firm tofu, lalu dimarinasi selama beberapa jam dan panggang di oven atau alat pemanggang khusus. Karena tekstur tahunya padat, bumbu marinasi pun dapat terserap dengan baik sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat lezat.

Ditumis Bersama Sayuran
Gak mau mengolah tahu dengan cara yang ribet? Cukup tumis saja tahu bertekstur padat dengan aneka sayuran pilihan kamu. Tambahkan irisan bawang putih, soy sauce, daun bawang, dan bumbu pilihan lainnya, dan jadilah hidangan sederhana yang tak hanya lezat tapi hemat waktu serta energi. Menu yang satu ini juga bisa dijadikan menu meal prep sekeluarga, lho!

Ternyata ada banyak, kan cara mengolah tahu jadi hidangan lezat tanpa harus digoreng? Di Plantful, kami juga mengolah tahu dengan berbagai cara tanpa digoreng sama sekali. Kamu sudah pernah coba menu tahu yang mana dari Plantful?

Sumber thumbnail : Photo by Ella Olsson from Pexels

PLANTFUL