Blog

Cegah Inflamasi Kronis dengan 5 Cara Mudah Ini!

October 22, 2021
/
Health , Life Style
Cegah Inflamasi Kronis dengan 5 Cara Mudah Ini! image

Inflamasi atau yang biasa dikenal sebagai peradangan, merupakan suatu proses di mana sistem kekebalan tubuh menjadi awas terhadap infeksi yang disebabkan oleh ‘benda asing’ seperti mikroorganisme, zat kimia tak dikenal yang menyerbu tubuh dan dapat mengancam kesehatan. Proses ini diperlukan guna menyembuhkan sistem imun tubuh dengan cara melepaskan antibodi, protein, serta meningkatkan aliran darah ke area yang terinfeksi.

Namun ada kalanya saat proses inflamasi justru menjadi musuh hingga makin melemahkan tubuh karena terjadi dalam jangka waktu yang panjang (kronis) dan justru balik menyerang sistem kekebalan. Kasus ini terjadi terutama pada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang sistem imunnya tidak bekerja seperti seharusnya (misal orang dengan penyakit autoimun), inflamasi akut yang tidak segera diobati, iritasi jangka panjang akibat terpapar polusi udara/zat kimia berbahaya, dan pola hidup yang tidak sehat. Inflamasi kronis akhirnya dapat menyulut kerusakan pada sel, jaringan, serta organ yang sehat. Lama kelamaan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan DNA serta jaringan dan luka pada organ dalam yang kemudian bisa memunculkan penyakit-penyakit seperti kanker, alzheimer, diabetes, sakit jantung.

Inflamasi akut hanya menyebabkan pembengkakan, rasa perih, dan kemerahan pada area infeksi. Sementara inflamasi kronis dapat menyebabkan sakit pada badan yang berlebih, gangguan pencernaan (diare, sembelit), infeksi yang tak kunjung membaik, kelelahan, hingga turun dan naik berat badan yang drastis. Ini dikarenakan oleh sistem kekebalan yang terus berada pada mode awas.

Inflamasi tidak bisa selalu dicegah karena merupakan proses penting dalam melindungi tubuh, namun Anda tentu tidak mau tubuh mengalami inflamasi kronis. Ada 5 cara mudah untuk cegah inflamasi kronis demi kesehatan jangka panjang.

Menyaring Apa yang Kita Makan
Apa yang kita makan bisa menjadi dua mata pedang untuk tubuh. Dapat mencegah, atau justru memperparah inflamasi. Maka dari itu, penting sekali untuk memilah makanan yang dikonsumsi. Makanan mengandung lemak jenuh, makanan ultra proses, minuman dengan gula artifisial, adalah beberapa jenis pakan yang dapat memperparah inflamasi. Seringnya konsumsi makanan tidak sehat juga akan berpengaruh pada kenaikan berat badan hingga obesitas dan meningkatkan resiko inflamasi kronis.

Beberapa makanan berbasis nabati dapat mencegah inflamasi kronis, seperti kacang-kacangan, buah beri, jeruk, dan ceri, tomat, sayuran berdaun hijau, serta minyak zaitun.

Berolahraga Minimal 30 Menit Sehari
Berolahraga tidak harus melulu pergi ke pusat kebugaran, atau menghadiri kelas-kelas olahraga yang mahal. Bergerak secara rutin saja sudah merupakan olahraga. Anda bisa berjalan kaki, melakukan lompat tali, atau sekadar melakukan gerakan senam setidaknya 30 menit setiap harinya. Jika Anda memiliki berat badan berlebih dan disarankan oleh dokter untuk menurunkannya, maka berolahraga harus masuk ke dalam kegiatan yang dilakukan setiap harinya.

Perbaiki Kualitas Tidur
Menjaga kualitas tidur tidak kalah penting dari menjaga pola makan sehari-hari. Studi menyebutkan adanya hubungan antara kurang tidur yang dapat menurunkan metabolisme tubuh secara drastis dengan peningkatan resiko inflamasi kronis. Setiap harinya, orang dewasa harus tidur paling tidak 6 hingga 8 jam untuk memulihkan energi. Terlalu banyak tidur akan mengganggu cara kerja tubuh, sementara sedikit tidur akan merusak kesehatan jangka panjang.

Ubah rutinitas sebelum dan sesudah tidur guna meningkatkan kualitas tidur. Hindari terpaku di depan layar ponsel, matikan lampu saat tidur, dan jangan mengonsumsi makanan terlalu dekat dengan jam tidur.

Konsultasi Dengan Dokter Untuk Suplemen
Jika inflamasi mulai menyulitkan Anda, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen tambahan yang direkomendasikan. Jika Anda seorang vegan, jangan lupa untuk menyebutkannya agar mendapatkan suplemen berbasis nabati. Dengan suplemen yang tepat, inflamasi dapat diringankan agar tidak mengganggu kesehatan.

Minum Obat yang Disarankan
Terutama bagi Anda dengan penyakit seperti autoimun. Meminum obat yang diresepkan oleh dokter selama terapi akan membantu mengurangi resiko inflamasi kronis. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat selama meminum obat.

Sumber studi : 

Chronic inflammation in the etiology of disease across the life span

Vegetarian-Based Dietary Patterns and their Relation with Inflammatory and Immune Biomarkers: A Systematic Review and Meta-Analysis

Sumber thumbnail :

Photo by Towfiqu barbhuiya from Pexels


PLANTFUL