Blog

KeTAHUi 3 Jenis TAHU dan Cara Penyajian yang Tepat

October 27, 2021
/
Food
KeTAHUi 3 Jenis TAHU dan Cara Penyajian yang Tepat image

Tahu dibuat dari kacang kedelai yang digiling bersama air dan diperas hingga menjadikannya dadih tahu. Dadih ini lalu dipadatkan menggunakan bahan penggumpal (yang mengandung asam) dan didiamkan agar dadih terpisah dengan air. Tahu kemudian ditekan dalam beberapa tahapan untuk menghasilkan tekstur yang berbeda-beda. Karena itu lah tahu yang dijual di pasaran sangat bervariasi.

Tahu merupakan salah satu makanan yang kaya antioksidan, kandungan phyto-kimia membuatnya ampuh melawan inflamasi. Tahu juga merupakan sumber protein 'lengkap' yang baik dengan kandungan asam amino yang seimbang. Serat, kalium, magnesium, besi, tembaga, dan mangan semua ada di dalam tahu.

Jenis tahu dikategorikan berdasarkan tekstur yang bergantung pada seberapa lama proses penekanan serta berapa banyak air yang terkandung di dalam masing-masing tahu. Semakin banyak kandungan airnya, maka tekstur tahu akan semakin lembut. Ada 3 jenis tahu yang wajib kamu keTAHUi agar disesuaikan dengan penyajian yang kamu inginkan.


Tahu Sutra
Tekstur tahu yang satu ini sangatlah lembut hingga menyerupai puding. Ini disebabkan oleh pembuatannya yang tidak melalui proses penekanan dan hanya menggunakan sedikit zat penggumpal. Di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina, tahu sutra umum dikonsumsi bersama kecap asin dan daun bawang tanpa dimasak. Karena sangat rapuh, tahu sutra tidak cocok untuk digoreng atau diolah berulang. Kamu bisa memasukkannya ke dalam sup, atau resep lain seperti mapo tofu. Tapi ingat untuk memasukkan potongan tahunya pada tahap terakhir agar tidak hancur.

Firm Tofu
Tekstur tahu ini lebih keras namun tetap lembut. Tekstur yang lebih padat disebabkan oleh proses penekanan berulang dan kandungan air yang sedikit. Di Indonesia, firm tofu adalah jenis yang paling umum dan biasanya dijual dalam dua warna, tahu putih dan tahu kuning. Karena teksturnya ini jugalah firm tofu sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai masakan. Digoreng atau direbus dalam hidangan berkuah.

Extra Firm Tofu
Walau masih agak jarang ditemui, extra firm tofu adalah jenis tahu yang lebih padat teksturnya dan sangat cocok untuk dipanggang karena tidak mudah hancur. Aroma dan rasa kedelai lebih kencang pada extra firm tofu. Jika dikunyah, teksturnya juga sangat kenyal sehingga pas banget diolah menjadi hidangan yang lebih berat atau pengganti daging hewani.

Ternyata tahu tidak terbatas pada tahu kuning dan tahu putih, kan. Di Indonesia, ada beberapa nama tahu yang sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah. Seperti tahu susu dari Bandung, tahu cokelat dari Semarang, dan masih banyak lagi. Kalau kamu paling suka dengan tahu jenis apa?

Sumber thumbnail : Photo by Lara Jameson from Pexels

PLANTFUL