Blog

Ketahui Pentingnya Vegan untuk Konsumsi 4 Biji-Bijian Ini!

October 22, 2021
/
Diet , Food , Health , Veganism
Ketahui Pentingnya Vegan untuk Konsumsi 4 Biji-Bijian Ini! image

Mungkin terdengar aneh mengapa manusia harus mengonsumsi biji-bijian seperti burung. Tapi ternyata dengan menambahkan biji-bijian dalam diet harian, kita sudah satu langkah lebih maju dalam memenuhi asupan bergizi yang dianjurkan, lho!

Untuk kamu yang menjalani pola makan berbasis nabati, biji-bijian merupakan sumber lemak baik, serat, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena biji-bijian mengandung Iron yang dapat membantu menyalurkan darah ke seluruh tubuh melalui protein. Kalsium untuk kesehatan tulang. Magnesium yang dapat meningkatkan kesehatan otak serta usus. Dan fosfor yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh.

Nutrisi pada biji-bijian begitu spesial. Walau ukurannya kecil-kecil, biji-bijian ternyata ampuh untuk membantu memelihara berat badan, menurunkan resiko penyakit jantung serta diabetes. Dari sekian banyak jenis, ada 4 biji-bijian yang paling baik untuk dikonsumsi secara rutin guna meningkatkan kualitas kesehatan, terutama bagi para vegan. Apa saja sih 4 jenis biji-bijian tersebut?

Chia Seeds
Pada setiap 2 sendok makan chia seeds mengandung setidaknya 10 gram serat. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 25 grams serat per hari untuk perempuan dan 38 gram untuk pria. Mengonsumsi empat hingga lima sendok makan chia seeds saja sudah memenuhi kebutuhan serat harian, lho!

Chia seeds

Sumber : Photo by Castorly Stock from Pexels

Tak hanya itu, chia seeds juga merupakan sumber lemak omega-3 selain boga bahari. Inilah mengapa vegan sangat disarankan untuk mengonsumsi chia seeds secara teratur demi mendapatkan lemak omega-3 harian sesuai rekomendasi.

Kamu bisa mencampurkan chia seeds dalam smoothie/jus. Diolah bersama menu favorit, atau direndam untuk dijadikan puding chia seeds, camilan kaya serat nan lezat.

Flax Seeds
Biji-bijian satu ini sudah dikonsumsi oleh manusia selama berabad-abad karena fungsinya untuk menjaga kesehatan. Flax seeds atau biji rami merupakan salah satu tanaman kuno dengan kualitas nutrisi yang tak pernah pudar. Terdapat dua jenis flax seeds, yaitu brown dan golden. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya.

Flax seeds harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan agar dapat dicerna dengan sempurna. Flax seeds dikenal sebagai biji-bijian ajaib karena dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi pencernaan, mengurangi resiko kanker tertentu, serta menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa menambahkan bubuk flax seeds ke dalam makanan atau smoothie. Namun karena flax seeds sangat tinggi akan serat, jangan terlalu banyak menambahkannya agar pencernaan tidak terganggu.

Biji Labu (Pumpkin Seeds)
Mulai dari pucuk, daun, daging buah, hingga bijinya, labu memang pantas menyandang predikat tanaman serba guna. Biji labu terutama adalah sumber mineral terbaik, termasuk zinc yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Biji labu juga dapat membantu memerangi LDL, atau kolesterol jahat.

Pumpkin Seeds

Sumber : Photo by Vie Studio from Pexels

Selain itu, biji labu juga kaya akan magnesium, mineral yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh, meningkatkan energi, serta mencegah lemah otot.

Dalam setiap satu cangkir, biji labu mengandung 285 kalori, 12 gram serat dan 12 gram lemak. Baik mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan.

Biji Delima

Pomegranate

Sumber : Photo by Any Lane from Pexels


Buah berkulit keras dengan biji berwarna cantik bak permata ini masuk ke dalam kategori makanan super yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Daging buah delima sangat tipis dan menempel pada bijinya yang lunak, sehingga bisa dimakan bersamaan. Biji delima sendiri tinggi akan vitamin C dan kaya antioksidan. Satu cangkir biji delima hanya mengandung 130 kalori, menjadikannya salah satu biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan. Kamu bisa mengonsumsinya begitu saja atau ditabur di atas salad sebagai tambahan rasa dan tekstur.

Apakah kamu sudah menambahkan salah satu dari 4 jenis biji-bijian di atas dalam menu harian? Atau kamu memiliki jenis biji-bijian favorit yang lain yang tak kalah sehatnya?

Sumber thumbnail : Photo by Miguel Á. Padriñán from Pexels

PLANTFUL