Blog

Belajar Menyehatkan Tubuh Melalui Mindful Eating

November 23, 2021
/
Health , Life Style
Belajar Menyehatkan Tubuh Melalui Mindful Eating image

Bagaimana caramu makan? Di atas meja sambil bercengkrama dengan keluarga? Sambil bekerja dan mengetik di depan laptop? Makan sembari menonton drama Korea yang sedang berlangsung? Nyemil padahal sudah kenyang? Atau mengunyah terlalu cepat.

Kita sering kali menjadi multitasking pada jam makan. Konsentrasi tidak sepenuhnya berpusat pada apa yang sedang kita kunyah sehingga tak sadar telah mengonsumsi sedikit makanan atau lebih dari yang seharusnya. Hal ini disebut sebagai mindless eating, dan menurut peneliti, mindless eating merupakan salah satu penyebab obesitas.

Mengetahui apa yang kita konsumsi sangatlah penting. Tidak melulu mengetahui berapa kalorinya, guilt-free atau tidak, melainkan seberapa banyak yang telah kita konsumsi dalam satu jam makan. Dengan menyadari hal ini, kita akan lebih berhati-hati untuk tidak overeating atau makan berlebih padahal tubuh tidak memerlukannya. Inilah yang disebut mindful eating. Mindful eating berarti menikmati makan secara sungguh-sungguh tanpa distraksi.

Diambil dari kata mindfulness yang berarti memusatkan perhatian pada waktu sekarang (saat ini), sembari dengan tenang mengakui serta menerima perasaan, pikiran, dan sensasi tubuh.

Tujuan dari mindful eating bukanlah secara khusus untuk menurunkan berat badan, atau mengurangi porsi (kalori, protein, karbohidrat, dll). Karena mindful eating hanya membantu kita memperbaiki kebiasaan buruk saat jam makan sehingga makanan tidak akan menjadi penyebab petaka bagi tubuh, tetapi menyehatkan. Mindul eating juga mengajarkan kita untuk mendengarkan apa yang dibutuhkan tubuh sehingga lebih mudah memahaminya.

Lalu, bagaimana cara kita mencapai mindful eating? Berikut ini langkah-langkah mindful eating yang sangat penting sebagai permulaan.

Siapkan Rencana Makan
Dimulai dari benar-benar memperhatikan belanjaan kita saat di pasar/supermarket/e-commerce. Apa saja yang kita butuhkan dalam satu atau beberapa hari ke depan. Hindari membeli bahan makanan secara impulsif. Pikirkan dengan matang, “Apakah tubuh saya memerlukan sebungkus keripik kentang? Atau lebih membutuhkan buah dan sayuran?”.

Plantful

Kalau tidak memungkina untuk masak, kamu bisa memesan katering vegan Plantful untuk makan siang/makan malam. Selain memudahkan perencanaan makan, menu yang tersedia di Plantful pun sangat bervariatif dan dimasak dengan baik sehingga nutrisinya tetap terjaga. Porsi yang tidak berlebihan sangat cocok untuk percobaan mindful eating kamu!

Makan Dalam Suasana yang Nyaman
Saat di rumah, rapihkan meja dan tata senyaman mungkin agar suasana makan terasa menyenangkan. Siapkan piring dengan alat makan serta air minum. Jika sedang berada di tempat selain rumah, tetaplah berusaha untuk menyiapkan kebutuhan makan dengan baik. Semisal minuman sudah tersedia, dan tunggu makanan yang hendak dikonsumsi sampai tersaji semua. Ini dilakukan agar waktu makan tidak menjadi tergesa-gesa yang sangat berlainan dengan prinsip mindful eating.

Segera Makan Saat Lapar dan Tepat Waktu
Penting sekali untuk mendengarkan tubuh dalam mindful eating. Salah satunya adalah segera makan saat tubuh sudah mengirimkan sinyal bahwa ia kelaparan. Makan tepat waktu juga dapat membuat kamu terhindar dari craving atau ngidam yang tidak perlu, sehingga tidak ada waktu dan ruang untuk makan camilan yang berlebihan. Jangan lupa untuk menakar seberapa banyak porsi sekali makan yang kamu butuhkan pada waktu itu.

Tanpa Distraksi
Penting sekali untuk menghindari gangguan saat makan seperti mengobrol, bekerja, menonton, dan semua kegiatan selain makan dan minum. Kamu harus benar-benar menanamkan dalam pikiran bahwa makan adalah kegiatan yang terpisah dari kegiatan lain. Bekerja bisa saja multitasking, namun untuk makan tentu saja tidak boleh!

Kunyah dengan Baik dan Rasakan Makananmu
Seringnya kita hanya tahu apakah makanan di atas piring kita terasa enak atau tidak. Padahal merasakan esensi si makanan jelas penting guna membangun emosi yang baik atas apa yang kita makan. Rasa menghargai pun terbentuk, makanan tak hanya jadi sekadar penambah energi, tapi juga sumber nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh jangka panjang.

Berhenti Jika Sudah Cukup
Sudah merasa kenyang? Berhentilah makan! Setelah ini, barulah kamu bisa melakukan kegiatan lain.

Ayo mulai belajar mindful eating dan pesan makananmu dari Plantful! Klik di sini untuk melakukan pesanan, ya!

Sumber studi : 

Mindful Eating: The Art of Presence While You Eat

Mindfulness-Based Interventions for Obesity-Related Eating Behaviors: A Literature Review

Sumber thumbnail :

Photo by Arina Krasnikova from Pexels

PLANTFUL