Blog

  • 4 Pemanis Vegan Untuk Maniskan Takjilmu!

    May 1, 2020
    /
    Food , Health , Veganism
    4 Pemanis Vegan Untuk Maniskan Takjilmu! image

    Terlalu banyak makan manis tentu tidak disarankan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Meminimalisir penggunaan pemanis buatan tentu sangatlah vital. Madu tentunya bukan pilihan pengganti gula pasir. Lantas, pemanis apa yang bisa digunakan vegan selain gula pasir biasa?

    Jika kamu sedang mencari alternatif pemanis yang lebih sehat dan tentunya aman untuk vegan, berikut Plantful sudah rangkum 4 pemanis vegan yang bisa kamu konsumsi dengan aman dan tentunya dapat membuat takjilmu semakin nikmat!

    Sirup Agave/Nektar


    Pemanis yang rasanya lebih manis dari gula atau madu ini terbuat dari getah tanaman agave. Teksturnya tak sekental madu sehingga sangat cocok untuk dicampur dengan minuman favoritmu karena sirup agave lebih mudah mencair.

    Sirup agave juga memiliki kandungan indeks glikemik yang jauh lebih rendah dari pada gula pasir biasa. Walau begitu, sirup agave tetap tinggi fruktosa sehingga disarankan untuk tidak menggunakannya berlebihan, ya! Yang berlebihan kan tidak sehat.

    Sirup Maple


    Satu lagi pemanis yang berasal dari getah, kali ini asalnya dari getah pohon maple. Sirup maple mirip dengan sirup agave namun warnanya lebih pekat dan rasanya tidak terlalu manis. Biasanya sirup kebanggaan negara Kanada ini digunakan sebagai pengganti gula biasa dalam campuran hidangan penutup/kue-kue.

    Sirup maple mengandung banyak nutrisi lho! Bahkan ada studi yang mengatakan bahwa mengonsumsi sirup maple secara teratur bisa mencegah penyakit Alzheimer karena kemampuan sirup ini yang dapat menghentikan penggumpalan protein pada otak.

    Sirup Kurma


    Proses pembuatan sirup kurma mungkin yang paling natural di antara yang lainnya. Kamu hanya perlu merendam kurma dalam air lalu peras hingga sirup alaminya keluar. Karena prosesnya yang sederhana dan terbilang alami, sirup kurma jadi salah satu alternatif pemanis tersehat. Lho.

    Teksturnya lebih kental dari dua sirup sebelumnya. Pas banget nih jadi pemanis dalam kolak favoritmu!

    Gula Kelapa


    Gula yang satu ini mungkin yang paling mudah ditemukan di supermarket, ya. Gula yang bulirannya berwarna cokelat ini terbuat dari kelapa sawit. Rasanya mirip dengan karamel dan tidak terlalu manis. Cocok banget untuk jadi pengganti gula pasir biasa.

    Nah itu dia 4 pemanis vegan yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti pemanis buatan. Rasanya lebih enak dan tentunya berdampak baik untuk tubuh. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya veganers!

    PLANTFUL


  • Menu Vegan Pertama KFC di Cina

    April 29, 2020
    /
    Food , Health , Veganism
    Menu Vegan Pertama KFC di Cina image

    Untuk pertama kalinya dalam sejarah, restoran cepat saji KFC di Cina mengeluarkan menu vegan dan akan melakukan percobaan dalam waktu dekat ini. Cabang KFC yang akan pertama kali meluncurkan menunya adalah Shanghai, Shenzhen, dan Guangzhou. Bekerja sama dengan Cargill, KFC akan mengolah produk berbahan dasar tumbuhan sebagai pengganti daging ayam. Karena masih dalam tahap percobaan, menu vegan terbaru ini hanya bisa didapatkan dalam waktu terbatas.

    Setelah persebaran covid-19, permintaan protein berbasis tumbuhan memang meningkat pesat di Asia, seperti dilansir dari weforum. Suspek sementara memang masih menghubungkan antara infeksi covid-19 dengan konsumsi daging hewani. Inilah yang menyebabkan masyarakat di berbagai negara terutama dataran Cina yang sudah mulai pulih dan Hong Kong mulai beralih ke pola makan yang nyaris tanpa daging.


    Laporan terbaru dari Nielsen pun mengamini kenaikan tersebut. Dalam data yang dikeluarkan oleh Nielsen menunjukkan bahwa pada minggu kedua bulan Maret 2020, permintaan vegan meat di Amerika Serikat meningkat hingga 280% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    Pandemi ini diperkirakan akan menjadi pencerahan bagi industri panganan vegan. Plant based diet tak hanya akan menyelamatkan lingkungan dari kehancuran, tetapi juga dapat menyehatkan jiwa dan raga.

    Sumber thumbnail : www.livekindly.co

    PLANTFUL


  • 5 Masakan Khas Indonesia yang 100% Vegan

    April 8, 2020
    /
    Food , Veganism
    5 Masakan Khas Indonesia yang 100% Vegan image

    Masakan Indonesia selalu identik dengan rendang daging karena hidangan asal Minang ini memang masuk ke dalam jajaran hidangan terlezat di dunia. Tapi tahukah kamu kalau masakan Indonesia itu banyak banget yang gak mengandung produk hewani sama sekali. Kita mulai dari raja protein alias tempe. Penganan berbahan dasar kacang kedelai satu ini jadi favorit hampir semua vegan di dunia karena rasanya yang kaya dan kandungan protein di dalamnya. Tentu sebagai orang Indonesia kita tahu kalau tempe sering kita temui dalam aneka masakan Indonesia.

    Santan atau coconut milk juga merupakan salah satu bahan masakan yang sering kita temui dalam hidangan lokal. Santan menawarkan rasa gurih untuk suatu hidangan yang tak bisa didapatkan ketika menggunakan krim dari susu sapi.

    Bahan masakan yang berbasis tumbuh-tumbuhan dan budaya tradisional yang begitu akrab dengan alam lantas menciptakan hidangan lokal yang ramah vegan. Berikut ini daftar 5 masakan khas Indonesia yang 100% vegan.

    Sayur Lodeh

    Sayur Lodeh

    Sumber : www.instagram.com/@Yoear


    Ada banyak varian sayur berkuah di Indonesia tetapi sayur lodeh salah satu yang memiliki kompleksitas rasa. Kuahnya terbuat dari campuran bumbu dan santan dengan isian berupa terong, jagung manis, labu siam, kacang panjang, daun melinjo dan cabai. Nutrisi lengkap didapat hanya dari semangkuk sayur lodeh.


    Kupat Tahu Magelang
    Bagi yang sudah pernah mencoba hidangan khas Magelang satu ini, pasti tahu dong kalau kupat tahu tidak mengandung produk hewani sama sekali.

    Kupat Tahu

    Sumber : www.instagram.com/@Yoear

    Hidangan ini hanya terdiri dari sayuran seperti kol dan tauge, lalu ketupat yang terbuat dari beras, kuah berbumbu dan tahu goreng. Tampilannya yang sederhana ternyata menyembunyikan aneka rasa yang dapat memanjakan lidah para vegan. Hmm, jadi ngiler, nih!


    Terong Balado
    Non vegan makan daging balado? Kalau vegan sih cukup terong balado aja! Kenikmatan terong berbalut cabai ulek ini terletak pada rasanya yang gurih dan kemudahan untuk dikunyah. Daging balado butuh waktu untuk mengunyah dagingnya, tak jarang juga teksturnya keras. Sementara itu, mengunyah terong tentunya jauh lebih mudah karena kelembutan teksturnya. Makan terong balado dengan sayur tumis lain dan sepiring nasi hangat, nikmatnya tiada tara!


    Bubur Kacang Ijo

    Bubur Kacang Hijau

    Sumber : www.instagram.com/@fridajoincoffee


    Makanan yang biasa kita temui di warung Tegal atau warteg ini harganya murah dan tentunya 100% vegan! Hidangan ini hanya terdiri dari kacang ijo dan ketan merah yang direbus, gula, santan, daun pandan. Kadang juga ditambahkan rempah-rempah seperti jahe atau biji pala. Bubur kacang ijo sangat nikmat dimakan saat udara dingin atau kalau kamu sedang sakit flu.


    Urap
    Urap sebetulnya hampir mirip dengan gado-gado, tetapi alih-alih disiram dengan saus kacang, urap menggunakan parutan kasar kelapa yang telah dibumbui dan dikukus.

    Urap

    Sumber : www.instagram.com/@fen.z

    Urap seringkali jadi hidangan pendamping karena porsi sajinya yang gak terlalu banyak. Dibandingkan gado-gado, urap lebih segar dan ringan karena parutan kelapanya. Jadi rasa sayuran yang diblansir tidak tertutupi.

    Itu dia 5 masakan khas Indonesia yang 100% vegan. Kamu sudah coba semuanya belum? Kalau belum, yuk pesan dulu katering vegan-mu di Plantful dan cobain menu masakan Indonesia vegan sekarang juga!

    PLANTFUL


  • Turun Berat Badan ala Vegan dengan 6 Makanan Ini!

    March 30, 2020
    /
    Diet , Food , Veganism
    Turun Berat Badan ala Vegan dengan 6 Makanan Ini! image

    Menjaga kesehatan melalui monitoring berat badan merupakan salah satu bentuk mencintai diri sendiri. Fokus untuk menurunkan berat badan misalnya, tak melulu berhubungan dengan penampilan yang kesannya sering kali menjadi standar kecantikan masyarakat. Padahal menurunkan berat badan tanpa menyakiti diri seharusnya menjadi bentuk cinta kasih terhadap jiwa dan raga.

    Ada banyak macam diet yang tidak selalu seimbang. Cepat turun berat badan namun berakibat buruk bagi jantung. Penipuan obat dengan iming-iming turun berat badan instan tanpa olahraga dan makan sehat. Masih banyak lagi macam diet yang lebih tak masuk akal.

    Vegan

    Sumber : www.instagram.com/Shisodelicious

    Lain dengan diet plant based vegan yang jika diikuti secara teratur, tak hanya akan menurunkan berat badan dengan pace yang tepat, efeknya pun sangat baik untuk kesehatan. Plant based vegan diet sangat baik untuk mencegah obesitas dan penyakit kronik yang disebabkan oleh ketidak seimbangan pangan.

    WHO bahkan merekomendasikan agar kita memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, gandum buah, sayuran dan mengurangi makan-makanan berlemak demi kesehatan.

    Lalu bagaimana diet vegan bisa menurunkan berat badan? Makanan apa yang dikonsumsi sehingga penurunan berat badan bisa ‘diangsur’ tanpa merusak kesehatan jiwa dan raga? Berikut ini Plantful sudah merangkum 6 makanan vegan untuk menurunkan berat badan.

    Kacang-Kacangan
    Selain menjadi sumber protein vegan, kacang-kacangan dengan kandungan karbohidrat kompleksnya jika dihidangkan bersama sayuran dan whole grains akan membuat kamu jadi lebih cepat kenyang. Kandungan vitamin dalam kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh, lho, terutama bagi Ibu hamil dan menyusui.

    Oat

    Oatmeal

    Sumber : www.instagram.com/Scorpionmind


    Oatmeal sudah jadi makanan wajib bagi kamu yang sedang diet. Gak heran deh, karena oat memang rendah lemak juga rendah kalori. Oat yang masih utuh atau rolled oat dan instant oat sama-sama baik untuk kesehatan jantung, kok! Jadi jika kamu gak nemuin rolled oat dimana-mana, pakai saja instant oat yang ada. Tapi jangan lupa untuk mengecek apakah ada pemanis tambahan di dalamnya, ya!

    Tahu

    Tahu

    Sumber : www.instagram.com/eatingthemplants


    Selain kacang, tahu juga jadi sumber protein terbaik untuk vegan. Rendah lemak dan kalori menjadi alasan mengapa mengonsumsi tahu untuk menurunkan berat badan sangatlah disarankan. Udah gitu, tahu sangat enak untuk diolah dengan apapun.

    Buah

    Buah

    Sumber : www.instagram.com/vegainsfood


    Buah-buahan memang rasanya manis, tetapi manis yang dihasilkan prosesnya alami sehingga aman dikonsumsi untuk diet. Mengonsumsi buah secara teratur juga dapat menekan ngidam makan makanan manis, lho.

    Rumput Laut
    Sayur bawah laut satu ini digemari oleh orang Asia terutama Korea Selatan. Pasti kamu yang sering menonton drama Korea sudah hafal deh sesering apa orang Korea mengonsumsi rumput laut, baik yang kering maupun yang mentah.

    RUmput laut

    Sumber : www.instagram.com/Australian_seaweed_institute

    Memang gak salah kok untuk menggemari sayuran laut satu ini. Rumput laut itu kaya serat, rendah kalori dan mengandung fucoxanthin yang dipercaya dapat mencegah diabetes. Hmm kalau makan rumput laut, udah bisa dibilang mirip artis Korea belum ya?

    Sayuran

    Sayur

    Sumber : www.instagram.com/thelittleplantation


    Makan sayur sudah jadi kewajiban untuk seorang vegan. Tapi sayuran yang dimaksud di sini adalah yang daunnya berwarna lebih gelap. Misalnya kale, bayam, brokoli, bok choy, swiss chard dan masih banyak lagi. Sayuran dengan daun berwarna lebih gelap memang lebih kaya akan vitamin serta mengandung protein lebih banyak dari pada sayuran biasa. Dengan mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut, dijamin perut kenyang lebih lama!

    Turun berat badan ala Vegan ternyata penuh warna, ya? Kamu sudah siap belum berpetualang bersama veganisme? Kalau sudah, yuk order katering vegan murah meriah Plantful di sini!

    PLANTFUL


  • Donasi Sehat Bersama, Gerak Bersama Plantful

    March 27, 2020
    /
    Food , Health , Veganism
    Donasi Sehat Bersama, Gerak Bersama Plantful image

    Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada tenaga medis yang sudah bekerja keras menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi, Plantful menggalang donasi yang akan diberikan seminggu sekali dalam bentuk makanan kepada rumah sakit yang membutuhkan.

    Dengan berlangganan paket katering lunch and dinner vegan Plantful selama lima hari, kamu sudah mendonasikan sebanyak satu kotak makan, lho! Kamu juga bisa memberikan donasi berupa uang yang nantinya akan Plantful akumulasikan untuk membiayai berkotak-kotak makanan.

    Mengapa Plantful memberikan donasi berupa makanan? Karena sebagai garda depan, tenaga medis membutuhkan asupan gizi ekstra serta vitamin yang dapat memperkuat imun mereka.

    Donasii

    Di minggu pertama, Plantful sudah mengirimkan sebanyak 100 box lebih makanan serta 40 botol cold pressed juice untuk Rumah Sakit RSUD Koja Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

    Donasi

    Donasi

    Donasi

    Bagi kamu pemilik UKM yang juga ingin ikut menyumbangkan produkmu, bisa langsung menghubungi Plantful di email novita@plantful.id atau DM Instagram @Plantful.id. Donasimu sangat berarti bagi mereka, pahlawan-pahlawan medis.

    Pesan katering-mu di sini!

    PLANTFUL


  • 4 Resep Minuman Sehat Ini Perlu Dicoba Saat #DiRumahAja

    March 24, 2020
    /
    Food , Health
    4 Resep Minuman Sehat Ini Perlu Dicoba Saat #DiRumahAja image

    Sejauh ini gerakan #DiRumahAja guna mencegah lonjakan penyebaran CoVid-19 masih sangat lantang digalakkan. Apalagi pasien positif CoVid-19 di Indonesia semakin bertambah dan angka kematian tak kunjung berhenti. Bagi masyarakat yang memiliki keuntungan berdiam di rumah saja, sebaiknya benar-benar dilakukan sebagai bentuk partisipasi kita dalam menekan penyebaran virus.

    Walau membosankan, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama #DiRumahAja. Plantful sudah pernah merangkum 3 kegiatan yang perlu kamu lakukan selama social distancing. Kini, Plantful akan membagikan 4 resep minuman sehat untuk dicoba-coba saat #DiRumahAja! Lumayan nih untuk menambah-nambah aktivitas agar di rumah aja gak lagi menjemukan!


    Coconut-Papaya Smoothie

    Coconut Papaya

    Minuman yang satu ini bahannya gampang banget ditemukan, jadi gak perlu usaha ekstra untuk membuatnya! Air kelapa sangat baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi. Manfaat buah pepaya pun tak kalah dari air kelapa karena kandungan vitamin C dan A yang kaya di dalamnya.

    Sumber resep (https://www.bulletbrands.com.au/)


    Bahan :
    1 cangkir daging buah pepaya matang
    ½ sdm jahe segar kupas
    4 lembar daun mint
    ¼ cangkir kelapa parut kering atau secangkir daging kelapa segar
    1 cangkir air kelapa
    ½ cangkir air mineral
    1 cangkir es batu

    Campurkan semua bahan ke dalam blender, sajikan dalam gelas lalu nikmati di siang hari yang terik! Vitaminnya bermanfaat untuk tubuh, rasa segarnya meledak di tenggorokan.

    Air Lemon Jahe

    Ingin sesuatu yang hangat saat hujan membasahi rumahmu? Coba deh bikin resep air lemon jahe dari The Minimalist Vegan ini. Selain nikmat diminum saat turun hujan, air lemon jahe juga ampuh meningkatkan imun, lho! Apalagi untuk kamu yang sedang terkena flu, hidung dan tenggorokan langsung lega setelah menyesap segelas air lemon jahe.

    Sumber resep (https://theminimalistvegan.com/)

    Air Lemon Jahe


    Bahan :
    5 lembar daun sage, robek jadi dua
    1 buah lemon, peras airnya
    2 tangkai daun thyme segar
    3 cm jahe, iris-iris
    500 ml air panas
    2 tsp sirup maple/gula/madu

    Rebus semua bahan kecuali pemanis dengan api kecil hingga mendidih.
    Saring air rebusan lalu tambahkan pemanis.
    Tambahkan seiris lemon dan daun thyme sebagai pemanis.

    Kalau tidak ada daun sage dan thyme, kamu bisa melewatkannya atau menggantinya dengan kayu manis batang. Karena lemon impor pun juga sedang langka, ganti saja dengan lemon lokal atau jeruk nipis!

    Carrot Ginger Turmeric Smoothie

    #DiRumahAja jangan sampai lupa minum air agar tidak dehidrasi, ya. Selain air putih, coba deh stok carrot ginger smoothie ini untuk diminum setiap pagi. Smoothie yang satu ini mengandung anti-inflammatory yang dapat mencegah peradangan dan tentunya memberi hidrasi untuk seluruh tubuh.

    Sumber resep (minimalistbaker.com)


    Bahan Jus wortel :
    2 cangkir potongan wortel
    1 ½ cangkir air mineral

    Blender wortel dan air terlebih dahulu hingga halus lalu saring (dengan kain bersih atau saringan biasa) agar tidak ada bulir.

    Carrot Smoothie

    Bahan smoothie :
    1 buah pisang matang yang sudah beku dan dipotong
    1 cangkir potongan buah nanas beku
    ½ sdm jahe segar kupas
    ¼ sdt kunyit bubuk
    ½ cangkir jus wortel yang telah dibuat
    1 sdm air lemon / jeruk nipis
    1 cangkir susu almond / susu apapun yang tersedia

    Blender semua bahan dan tambahkan jus wortel/susu jika smoothie kurang cair.

    Turmeric Ginger Shot (Kunyit + Jahe)

    Turmeric Shot

    Minuman satu ini mungkin rasanya gak asing karena memang mirip-mirip dengan jamu tradisional yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Rasanya akan sedikit pekat karena kunyit, tetapi abaikan saja karena kombinasi kunyit dan jahe bagus banget buat tubuh kita. Lada hitam dalam resep ini berfungsi untuk mengaktifkan zat-zat bermanfaat dalam kunyit, jadi kalau bisa jangan diskip yaa!

    Sumber resep (https://nutritionistmeetschef.com/)


    Bahan :
    200 gram jahe segar kupas, parut
    40 gram kunyit segar kupas, parut
    1 liter air mineral
    ½ sdt lada hitam
    3 sdt madu/sirup maple
    2 buah lemon, peras atau 3 buah jeruk nipis

    Panaskan air di panci dengan api sedang, tambahkan parutan jahe dan kunyit serta lada hitam lalu diamkan selama 20-30 menit.
    Matikan api dan dinginkan air campuran dalam panci selama 30 menit atau sampai suam-suam kuku baru tambahkan air lemon/jeruk nipis serta pemanis, aduk merata.
    Tuang air dalam botol bersih dan simpan dalam kulkas hingga 2-3 minggu.
    Nikmati dengan gelas kecil agar tidak mengagetkan perut, ya!

    Gak sabar kan untuk mencoba 4 resep minuman sehat di atas? Yuk pergunakan waktu #DiRumahAja untuk menyehatkan badan dan pikiran agar bersama kita bisa memerangi virus CoVid-19!

    PLANTFUL


  • Mengenal Nutritional Yeast Si Pengganti Keju untuk Vegan

    March 17, 2020
    /
    Food , Health
    Mengenal Nutritional Yeast Si Pengganti Keju untuk Vegan image

    Nutritional yeast mungkin tak asing di telinga kebanyakan orang terutama bagi para vegan. Serbuk berwarna kuning yang biasa disebut-sebut sebagai pengganti keju untuk vegan ini sebenarnya merupakan organisme yang tumbuh dalam molase (tetes tebu). Organisme lalu dipanen dan dikeringkan untuk mematikan ragi, menyisakan zat berupa serbuk yang menjadi sumber protein kompleks dan vitamin B.

    Dalam proses tumbuhnya, nutritional yeast memang lahir dari genangan gula, namun tidak ada kandungan gula di dalamnya alias sugar-free! Tak hanya itu saja, nutritional yeast juga rendah lemak serta rendah sodium walau rasanya gurih seperti keju. Dan tentu saja walau rasanya gurih, Nutritional Yeast terbukti non MSG, lho! Jadi gak heran kalau sekarang banyak ibu yang juga mulai menambahkan nutritional yeast dalam makanan anak-anaknya.

    Sering kali nutrtional yeast digadang-gadang sebagai pengganti vitamin B12 (yang seharusnya didapatkan dari konsumsi produk hewani) namun sebenarnya nutritional yeast murni tidak mengandung vitamin B12, lho. Ada produk nutritional yeast yang memang ditambahkan vitamin B12, maka dari itu kamu harus memeriksa kembali kemasannya. Walau begitu, tetap saja sebagai vegan kamu harus mendapatkan asupan B12 dari vitamin ya, karena kandungan B12 dari nutritional yeast tetap tidak sebanyak asupan harian yang disarankan.

    Bagi kamu yang hendak meurunkan kolestrol, nutritional yeast sangat bagus untuk membantumu. Kamu bisa mengganti keju hewani favoritmu di setiap makanan dengan nutritional yeast. Bisa digunakan sebagai taburan dalam resep pasta, penambah rasa gurih dalam sup atau taburan salad. Untuk urusan rasa, tetap sama enaknya kok dengan keju!

    Mumpung sedang digalakkan social distancing guna mencegah penyebaran CoVid-19, menyetok nutrtional yeast dan bahan-bahan makanan sehat lainnya. Jangan panic buying apalagi yang dibeli hanya mie instan berkardus-kardus. Stay at home bukan berarti makanan harianmu harus sembarangan, lho! Atau.kamu juga bisa memesan paket lunch/dinner Plantful untuk menemani stay at home kamu. Klik di sini yuk untuk melakukan pemesanan!

    PLANTFUL

    Sumber thumbnail : www.instagram.com/larecetteparfaite